Wisata Singkat di Emmendingen

loading...

Rencana awal suami dan saya akan liburan tahun baru ke Schwarzwald (Black Forest), salah satu tujuannya mau lihat rumah-rumah petani Jerman jaman dulu kala, seperti yang pernah saya lihat di Swiss klik disini, Eh kami malah menghabiskan waktu hanya di Emmendingen dan melihat kisru rumah tangga sahabat suami, yang belum tahu kisahnya klik disini.

Rasanya sayang, kalau sudah jauh-jauh dari rumah, namun tidak ada tempat (menarik) yang kami jelajahi. Maka dihari terakhir liburan, kami sempatkan jalan-jalan di pusat kota Emmendingen. Cukup menarik, karena bangunan-bangunan di sana walau banyak yang sudah tua namun tetap terawat.

*klik gambar untuk melihat ukuran besar

Gerbang Masuk Pusat Kota Emmendingen
Gerbang Masuk Pusat Kota Emmendingen

Hari itu 2 Januari 2013 sekitar jam 10 pagi kami keliling Emmendingen. Hanya setengah jam, kami tidak bisa berlama-lama karena harus segera pulang, sore harinya suami harus bekerja kembali.

Suami Tercinta dengan Latar Belakang Pusat Kota Emmendingen
Suami Tercinta dengan Latar Belakang Pusat Kota Emmendingen

Emmendingen adalah sebuah kota di Emmendingen, Baden-Württemberg, Jerman.

Kota ini berada di tepi Sungai Elz terletak 14 km (8,7 mil) utara Friburg di Brisgau.

Rumah Toko di Emmendingen
Rumah Toko di Emmendingen
Emmendingen - cityhall
Emmendingen – cityhall
Masih Ada Sisa Hiasan Natal
Masih Ada Sisa Hiasan Natal
Bangunan-bangunan Tua di Emmendingen
Bangunan-bangunan Tua di Emmendingen
Pasar Natal di Bongkar hari itu, masih bisa lihat Miniatur Boneka di Emmendingen. Beberapa Kisah, ada Kisah Cinderela, 3 Orang Majus, Kereta Api dll
Pasar Natal di Bongkar hari itu, masih bisa lihat Miniatur Boneka di Emmendingen. Beberapa Kisah, ada Kisah Cinderela, 3 Orang Majus, Kereta Api dll
Sebelah Kiri Pusat Belanja. Emmendingen
Sebelah Kiri Pusat Belanja. Emmendingen
Jalan Rayanya Ternyata sudah Ramai pada 2 Januari 2013
Jalan Rayanya Ternyata sudah Ramai pada 2 Januari 2013

Video Pusat kota Emmendingen

Selama dua malam, suami dan saya menginap di penginapan “Engel”, semacam losmen lah, dalam bahasa Jerman istilahnya Gasthaus atau Pension. Nama lokasinya Tennenbach, masih diwilayah Emmendingan. Lokasi ini ditempuh sekitar 12 menit dari pusat kota Emmendingen. Jalan menuju ke penginapannya seperti ke puncak, jalannya berbelok-belok, hanya bisa dua mobil berlawanan arah. Kiri kanan jalannya terhampar pohon-pohon yang tinggi menjulang.

Pemandangan Luar Penginapan dan dari Balkon. at Engel, Tennenbach
Pemandangan Luar Penginapan dan dari Balkon. at Engel, Tennenbach

Penginapannya di kelilingi pengunungan. Sungguh indah, sayang sekali kami tidak sempat berjalan-jalan disekitar penginapan, pertama cuaca sangat dingin, kedua kami tidak punya banyak waktu. Suatu hari nanti kami akan kembali lagi ke Tennenbach ;-).

Penginapan Kami di Tennenbach
Penginapan Kami di Tennenbach
Kamar Mandi Penginapan di Gasthaus Engel Tennenbach
Kamar Mandi Penginapan di Gasthaus Engel Tennenbach

Tarif kamarnya 37 Euro/malam/orang. Harga tersebut sudah termasuk sarapan. Sarapannya makan sampai kenyang, sepuasnya :D.

loading...
Ruang Makan di Penginapan Engel, Tennenbach. Sebelah Kanan sarapan Kami, lainnya ambil sendiri
Ruang Makan di Penginapan Engel, Tennenbach. Sebelah Kanan sarapan Kami, lainnya ambil sendiri

Video Pemandangan ke Penginapan di Tennenbach

Suami dan saya lebih suka wisata alam, seperti melihat pegunungan, atau seperti ketika di Swiss melihat wisata Tebing di Aareschlucht, mendebarkan sekaligus menyenangkan klik disini.

loading...

Kalau sahabat blogger suka wisata alam atau lebih suka ke mall? Masih ingat kah dimana lokasi wisata paling berkesan buat kamu?

Tulisan yang mungkin kalian tertarik membacanya :
Paris je t’aime
Liburan Swiss 2012
Ramainya Bulan Oktober di München
Jalan-jalan ke Wilhelma Stuttgart
Museum Farmasi Jerman

About these ads

103 thoughts on “Wisata Singkat di Emmendingen

  1. what a beautiful view!! itu kayak kota tua di Jakarta mungkin yaa mbak..
    paling suka foto Pemandangan Luar Penginapan dan dari Balkon. at Engel, Tennenbach 🙂

    1. Iya bunda, seperti kota tua di Jakarta. Saya juga suka pemandangan Tennenbach serba hijau :D.

  2. Meivakantie tahun lalu aku juga ke Baden-Württemberg & Schwarzwald,, perjalanan nanjak2 euy.. suka banget penginapan yg aku tempati, terutama sarapannya.. hmm… the most memorable is Titisee Lake,, romantis! Sayang wktu di Titisee ga ada cowo buat diajak romantis.. hiks… 🙁 Oya, perjalanan ke Schwarzwald belum aku tulis pula di blog.. *.*

    1. Saya belum sampai ke Schwarzwald, baru ke dekatnya saja :).

  3. haaaah, kapan saya bisa ke sana…#ngiler
    terakhir kali wisata alam tuh waktu nemenin temen rock climbing di pantai ngobaran di gunung kidul…asli keren banget pantainya…masih perawan, belum rame, dan belum kotor…belum terpublikasi luas juga sih…

    1. Fingerplant terima kasih buat masukkannya ya :).

  4. kalau saya senengnya ke pantai lihat sunset

  5. Nella, good to make your acquaintance. Great pics, good to see you’re enjoying yourselves. Thanks for visiting my blog and for putting the translator buttons on yours, it means I can visit from time to time and see what you’re up to 🙂

    1. Thank you Polly for your nice comment :).

  6. itu pemandangannya kece deh, mbak!
    *mupeng* 😀

    1. Selain kece, bersih lagi jalanannya :).

  7. WAH BAGUS BANGET!!!! Eropa keren, pengen kesana. Makasih sudah memberikan pencerahan tentang kota asri itu :’)

  8. waduuh, kota2nya eksotis bgt..
    nyari yg mirip disini kok susah bgt, emg hrs ke Jerman neh.. ><

    1. Kalau di Jakarta menurutku mirip kota tua deh :).

  9. suka suasana kotanya kaa~ bagus bangeet!!! di Semarang tuh ada lokasi yang feel sama modelnya kaya di sana soalnya itu daerah kota lama yang bangunannya masih asli dari jaman kolonial, cuma sayang engga terawat dan kumuh T^T weee jadi pengen jalan2 ke sana 😀

    1. Semarang juga banyank kan ya bangunan-bangunan kuno? :).

      1. iya 😀 emang ada daerah yang bangunan kunonya tetep dipertahanin ngga diganti bangunan modern gitu 😀 heheh

  10. dea

    waaaa bersih dan sejuk yaa .. bagus buat di hirup .. 🙂

  11. Wah bagus ya kotanya.. jadi teringat dengan lokasi wisata Kota Tua di Jakarta kak 🙂 Kalau aku senang wisata outdoor sebenarnya.. tapi berhubung di tempatku tinggal sekarang wisata outdoornya kurang yahud, maka wisata ke mall lah 😀

    1. Berarti ditempatmu mall nya keren ya :D.

      1. bukan gitu kak, gak ada pilihan lain 😀 entah bagaimana pun mall nya pokoke dinikmati sajalah, hiburannya cuma itu 😀

        1. Suka tidak suka harus diterima ya :).

  12. wah wah wah
    Jadi kepengen juga pergi wisata tapi lagi kanker nih = kantong kering wkwkwkwk

    1. Basahin dulu dong sudah ga kering :D.

  13. Bangunannya masih bangunan model lama ya, trus jalannya lengang banget. Kaya’nya enak banget buat liburan tuch

    1. Jalanannya lengang karena memang khusus pejalan kaki :).

      1. Oh, jadi kaya pedestrian gitu pa gimana?

  14. Waah… tinggal di jerman ya Mbak? tempatnya keren2,,

    1. Hai Evan, iya saya di Jerman. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya :).

      1. Keren bgt.. Sama2 mbak.. sukses dan sehat slalu di sana 😀

  15. it’s a very nice blog, Mbak 🙂 I enjoy it a lot. and it’s bery inspiring :). Danke Schon .. Danke auch meine Blog besucht .. Ich bin ein Neuling / newbie und müssen noch viel lernen.

    1. Hai Aisa terima kasih sudah berkunjung :).

  16. tempatnya keren ya mbak … di sana itu semua serba bersih dan rapi ya … 😀

    1. Selain ada petugas kebersihan (mobil penyabu jalan) setiap hari, masyarakat juga sadar untuk membuang sampah pada tempatnya :).

      1. kapan ya masyarakat Indonesia bisa seperti itu … 😀

  17. Saya suka wisata keliling kota, lihat museum, ke laut untuk snorkeling (walau baru sekali mencoba), treking di gunung, bahkan muterin mall juga suka (gegara ini keknya ada kontribusi juga pada penurunan berat badan) 😀 Yang penting teman seperjalanannya menyenangkan.

    1. Snorkeling wah seru juga ya, saya belum pernah :D.

  18. Wow kapan ya bisa ke LN.. 😀 (´▽`)/

  19. Banyak bangunan artistik ya di Emmerndingen ini. Kotanya nampak asri dan tertata rapih. Beda banget ya dg kota2 di negeri kita.
    Suka dg postingan mba ini. Memberi saya gambaran ttg kota-kota disana…
    Salam persahabatan selalu,

    1. Hai mas Asa, terima kasih sudah mampir yaa. Salam persahabatan juga :).

  20. Duhhhh sirik kalo liat bagunan2 tua masih terawat n cantik bgt gitu. Aku suka semua jenis wisata mba hehe *rakus*

    1. Tempat wisata paling berkesan buat Nyonyasepatu apa nih? :D.

  21. aduh pemandangannya asik banget.. serba hijau… seger banget rasanya… 🙂

    1. Yoi Arman, untungnya hari itu salju ga turun jadi masih bisa lihat yang hijau-hijau disana :D.

  22. melepas penat itu yg paling mantap tentunya wisata alam, mbak.
    wisata mall? konsumerisme banget 😆

    1. Kalau pas banyak duit baru kita nge-mall ya hehehe. Oh ya satu pertanyaan nih, wisata alam yang bagus yang Sulung pernah kunjungi kemana?.

      1. wah, sbenarnya pertanyaan kurang tepat diajukan k saya mbak. saya ga terlalu sering wisata alam/travelling soalnya terikat. kalau mbak ke indonesia, coba deh ke sumatera barat. banyak jg wisata alam menarik yg bisa dikunjungi. kalau saya sendiri, paling suka pergi ke museum sama benteng2 peninggalan Belanda di Padang. hehe

        1. Ooo gitu. Makasih buat referensinya ya :).

  23. Wahhhh bagusnnyaa, ak suka travelling mba ke pegunungan, yg bikin tersepona masih bromo, ubud juga bagus tp rame

    1. Aku belum pernah ke Bromo, tapi sering dengar orang-orang bilang Bromo baguss, kalau pulang mau kesana ahh :D.

  24. Kl ke museum boleh ga Nel? Abis ga ada dipilihannya.. Hihihi

    Aku kl ke alam kadang suka bingung mau ngapain. Smtr mall di sini gitu2 aja.. Hihihi..

    1. Boleh dongg Bebe :D, kalau ke alam mungkin main kejar2an sama pasangannya? hehehe..
      kamu pernah posting tulisan tentang mall-mall di Swedia ga? pengen tau suasananya :D.

      1. belum pernah kayaknya Nel.. Hmm.. boleh tuh jadi bahan postingan.. hihihi.. nanti yah, coba cari2 ceritanya dulu.. ahaha

  25. wahh tempatnya asik bersih lagi yah mb, kelihatannya sejuk ntu mba Pemandangan Luar Penginapan dan dari Balkon. at Engel, Tennenbachnya.

    1. Iya Cantika, penginapannya bersih. Paling suka pemandagannya banyak pohon-pohon :D.

      1. yaa tuhh mba keliatanya ademmm bener.
        kalau mau pilih pergunungan atau pantai aku milih kegunung ajah hehehey 😀

        1. Saya juga lebih suka ke gunung karena kalau ke pantai takut hitam kultnya hehehe.

  26. Melihat pemandangannya di luar kawasan rumah pertanian itu sejuk dan damai rasanya. Pengen juga melihat foto bagaimana para petani itu bekerja menggarap lahannya. Ada ya, mbak?

    1. Biasanya saya hanya lihat dari pinggir jalan, ketika para petani membajak ladangnya dengan traktor atau alat berat. Karena biaya tenaga kerja mahal biasanya ladag mereka dikerjakan oleh pak petani sendiri atau istrinya, lain kali saya akan potret :).

  27. Lebih suka wisata alam dong 🙂

    Hal yang paling berkesan adalah menjelajahi hutan di Jogyakarta (kampung mertua).

    1. Wah pak Iwan sama seperti Ardika dan Ichsan terkesan dengan Jogya. Saya terakhir kesana 10 thn lalu, pastinya sudah banyak sekali perubahan :).

  28. ardika

    Kalo pas ke Indonesia, ajak main ke Jogja mbak. Ini nih pantai di kabupatenku, sekarang ramai loh http://www.wisatagunungkidul.com/

    1. Wah asyik ada referensinya. Vielen Dank! Dika 🙂

      1. ardika

        Ini referensi lainnya mbak
        link tidak aktif lagi –> pariwisatagunungkidul.com
        link tidak aktif lagi –> gunungkidulwisataku.com
        link tidak aktif lagi –> gunungapipurba.com

  29. ichsan

    ooh iya toh mba haha ngga tau saya soal nya 😀

  30. so pasti lebih suka wisata alam Mbak. Btw, foto2nya bagus sekali 🙂

    1. Hai mbak Okti sama dong ya dengan saya :).

      1. Kalo saya ke mal bawaannya malah belanja-belanji gak jelas soalnya 😀

        1. Karena tertarik diskonannya ya mbak heheh.

  31. Suka banget Mba Nella wisata alam dibanding ke mall. Terakhir kali kemaren sih baru ke taman safari dan melihat hewan-hewan liar di sana.. 😀

    1. Wah pasti seru ya Dan, terakhir kali saya ke kebun Binatang (semacam taman Sari juga), Agustus thn lalu. Berhubung musim dingin jadi tempatnya tutup dulu deh.

      1. Walah. Jadi gabisa lihat apa-apa dong Mba..

        1. Iya Dan, cuma setengah jam doang jalan-jalannya, mau masuk museum juga ga keburu :(.

    1. Apanya yang keren?, pemandangannya atau foto saya? hehehe.

      1. kotanya mbak, hehe
        masih terjaga keasliaannya

        1. Ooo kirain foto saya yang lagi mejeng :D.

          1. tapi foto mbak juga keren kok 😀

  32. Wah enak banget sarapan sepuasnya.
    Saya nggak suka jalan-jalan, tapi kalo di suruh milih mending wisata alam 😀 Soalnya ke mall percuma, mata laper tapi gak bisa beli 😀

    1. Hahaha iya ya sama kalau ke mall cuci mata saja :D.

  33. asyik mbak, terima kasih foto2nya, berasa ikut jalan2 saya mbak hehe 🙂

    1. Hai Setokdel terima kasih sudah berkunjung :D.

  34. ichsan

    mantap postingan baru nya mba 🙂
    wisata alam donk mba 😀

    1. Sipp sama seperti saya suka wisata alam, tapi di Jogya juga banyak Mall kan ya? :D.

      1. ichsan

        di jogja mal yang saya lihat cuma ada 3 yang besar mba
        klo di daerah saya tinggal gedung ngga bnyak cuma yang ada persawahan dan gunung merapi

        1. Saya suka persawahan & penggunungan :).

          1. ichsan

            hehe dsana kan bnyak juga mba 🙂 ya mungkin ngga persawahan taneman padi
            oh ya mba dsana klo ladang nya nanem apaan yah?

          2. Iya ga ada tanam padi disini. Di daerahku sini banyak yang tanah jagung, gandum, lupa nama tanamannya buat dijadikan gula pasir, trus sayuran.

          3. ichsan

            brrti panganan mba dsana gandum ya 🙂
            apa nasi?

          4. Nasi jarang, sebagian besar makanan pokok disini adalah roti. Kalau gandum salah satunya diolah buat jadi roti.

          5. ichsan

            oo begitu toh mba 😀
            seperti nya asik tpi saya klo makan roti beberapa pun pasti ujungnya mkan nasi karena ngga bisa kenyang klo cuma mkan roti 😀

          6. Rotinya yang disini bikin kenyang loh! soalnya padat ga spt roti di Jakarta harus makan 4 bungkus baru kenyang :D.

Leave a Reply

loading...