Rayakan Pencapaian Blog Anda

loading...

*Jika ingin melihat screen shot langsung silakan di trafik blog

Saya pernah membaca entah itu dari salah satu blog yang saya ikuti atau dari forum wordpress, yakni setiap pencapaian blog kita hendaknya kita rayakan atau dokumentasikan, sehingga kita tahu perkembangan blog kita.

Berikut ini saya mau cerita mengenai pencapaian blog saya ini  http://pursuingmydream.wordpress.com  Pada 21 Nov. 2012 jam 7.19 malam waktu Jerman (jam 01.19 dini hari wib) saya terkejut ketika melihat dashboard pada bagian stat dibagian kiri muncul angka 1000, penasaran saya arahkan kursor ke pas tanggal 21 hari itu Wow! Kunjungan hari ini 21 Nov. 1.066. Untuk pertama kalinya blog saya ini mencapai stat diatas angka 1.000 ;-).

21 Nov. 2012 jam 7.19 malam waktu Jerman Untuk Pertama kalinya blog saya Mencapai Trafik 1.066

Kalau angka 700 an sudah pernah beberapa kali dan seperti yang saya ceritakan sekilas di tulisan terakhir kalau bulan Oktober dan November adalah bulan ramai nya blog saya ini dikunjungi teman-teman, rata-rata per hari sudah di atas angka 500 klik trafik blog November

Kunjungan Pada Hari Tersibuk 21 November 2012 Sudah diatas 1000

Setiap hari saya pasti cek dashboard blog. Pertama lihat statnya, lalu lihat pengunjung terbanyak dari negara mana ya? Pastinya tanah air tercinta Indonesia dong, karena blog saya ini kan dalam bahasa Indonesia dan terdaftar pula di wordpress bahasa Indonesia.

Pengunjung Setia pursuingmydream.wordpress.com adalah dari Indonesia. Pada 21 Nov dari Indonesia sebanyak 899

Pada 21 Nov. lalu dari Indonesia trafiknya 899, negara kedua adalah Malaysia sebanyak 24, ketiga adalah Jerman, salah satu pembaca dan penyumbang trafiknya pasti suami saya tercinta nih, Vielen Dank “my love” ;-). Teman-teman saya ada diberbagai negara, baik teman-teman yang memang pernah saya temui ataupun teman-teman sesama blogger yang jumlahnya makin banyak karena rajin blogwalking :D. Ada teman-teman dari Indonesia, lalu Jerman, Malaysia teman blogger deh, Belanda, Norway, Swedia dan Singapur, negara-negara lainnya pasti pengagum rahasia saya ya  (*maaf narsis).

Berikut ini saya ingin menjawab pertanyaan salah satu blogger Rizqi  dan beberapa penanya lainnya di hari-hari yang lalu, saya kasih tahu rahasia untuk mencapai trafik yang tinggi  dan meramaikan blog (*menurut versi seorang Nella).

loading...
  1. Mesin pencari. Salah satu yang paling sering digunakan orang-orang adalah google, google adalah penyumbang trafik terbanyak loh!. Contohnya pada 21 Nov lalu mesin mencari menyumbang 403 trafik. Setiap saya terbitkan tulisan baru, pasti saya daftarkan linknya (submit blog) ke mesin pencari http://blogsearch.google.com/ping maka dalam waktu kurang lebih dua minggu tulisan saya akan muncul di google.
    Mesin Pencari Google Sebagai Pendukung Utama Tingginya Trafik blog
  2. Rajin blogwalking, yakni berkunjung ke blog-blog lain dan memberikan komentar di tulisan mereka, kasih komentar yang baik yang bikin orang lain yang membacanya penasaran untuk berkunjung ke blog kamu. Kalau ada fasilitas untuk  “like this” tulisannya jangan sengan-segan klik karena dari situ juga sebagai salah satu penyumbang trafik.  Kalau bisa jadi yang pertama atau jadi yang terakhir untuk memberikan komentar dan nge „like“ tulisan, kenapa? Karena itu eye catching alias langsung terlihat pengunjung lainnya. Kalau tidak bisa bagaimana? Ya kasih komentar yang terbaik ;-).*liat foto diatas (mesin pencari), salah satu penyumbang trafik sebanyak 10 adalah blognya bebenyabubu.com  karena hari sebelumnya saya kasih komentar disana.

3. Caranya blogwalking bagaimana? Ini yang saya lakukan, pertama : setiap menit di wordpress akan muncul tulisan-tulisan baru. Silakan lihat dasborad kamu lihat “what’s Hot” ada pilihan berita dari wordpress, tulisan teratas dan disebelahnya tulisan terbaru.

Cari Teman atau Blogwalking melalui tulisan-tulisan yang Baru Muncul di WP

Kalau ada tulisan yang menarik maka saya kunjungi dan saya “like” tulisannya ataupun kasih komentar, dari situ pemilik blog sering follow blog saya dan melakukan kunjungan balik, jadi salah satu penyumbang trafik kan ;-). Kedua : saya juga blogwalking ke blog yang menjadi teratas di WP  silakan klik http://id.wordpress.com lalu pilih “tulisan teratas”.

Blogwalking ke Daftar Tulisan Teratas di WP Indonesia

Daftar Tulisan Teratas di WP Indonesia

Ketiga selain blogwalking ke WP Indonesia saya seringkali iseng ke WP Mancanegara seperti WP berbahasa Inggris http://en.wordpress.com/#!/fresh ; Jerman http://de.wordpress.com/#!/fresh ; Belanda http://nl.wordpress.com/#!/fresh ; Rusia http://ru.wordpress.com/#!/fresh ;   dan lain-lain. Emang ngerti bahasanya Nel? Kalau beruntung ada blogger yang memasang fasilitas penterjemah di blognya, kalau tidak ada saya hanya liat gambarnya hehehe

Daftar Tulisan Teratas WP Bahasa Inggris

saya cari blog-blog sesuai minat saya seperti masak memasak, berkebung atau gardening dan juga traveling. Pernah loh dua tiga kali bertemu orang Indonesia juga yang bermukim di sana ;-).

Keempat yang menjadi tempat jalan-jalan saya adalah blogs.indonesiamatters  http://blogs.indonesiamatters.com memberikan komentar di blog-blog dengan trafik tinggi akan memberikan dampak juga buat blog kita.

Kelima pada tahu kan trinity.tnt  http://naked-traveler.com kalau Trinity membuat tulisan baru saya biasanya kasih komentar, dan itu bisa juga sebagai penyumbang trafik dan kita bisa juga bertemu teman-teman blogger lainnya.

4. Setiap tulisanmu berikan Tag yang tepat. Kenapa? Karena tag juga sebagai penyumbang trafik, Karena orang-orang mencari tulisan yang mereka butuhkan melalui mesin pencari, contohnya google.

Tag yang Tepat Sebagai Penyumbang Trafik

Contohnya salah satu tulisan saya tahun 2009 masih diperingkat atas di google dengan kata kunci pengurusan visa belanda

Istilah-istilah Mesin Mencari

Tulisan dan Halaman Terfavorit 21 November 2012

5. Hubungkan blog kamu dengan media sosial yang kamu ikuti, misalnya Twitter  ; Facebook.  Kalau kamu buat tulisan baru maka akan muncul di media sosial tersebut, kalau kamu punya banyak teman-teman disana tentu saja mereka akan melihat tulisanmu, nah nambah trafik deh :). Oh ya siapa yang belum berteman dengan saya silakan add di @nellasilaen https://twitter.com/nellasilaen .

Hubungkan Blogmu dengan Media Sosial

6. Kapan waktu terbaik untuk menerbitkan tulisan? Kalau dilihat dari informasi dasboard blog saya ini. Jam 9 pagi (waktu Jerman) paling banyak pengunjungnya.  Berarti di Indonesia (WIB) jam 3 sore, bukannya masih jam kerja ya? Hmm mungkin banyak yang mahasiswa dan pelajar atau ibu rumah tangga atau bukan pekerja kantoran kali ya hehehe.

Jam Tersibuk adalah jam 3 Sore WIB atau jam 9 Pagi Waktu Jerman

7. Berikan keterangan pada foto atau gambar di setiap tulisan, karena mesin pencari akan juga menyumbangkan trafik yang cukup besar untuk yang satu ini.

Keterangan pada Foto atau Gambar Menyumbangkan Trafik yang Cukup Besar pada Blog

8. Hargai pengunjung blog kamu dengan menjawab dengan ramah setiap komentar-komentar yang masuk.

9. Paling penting berikan tulisan yang berkualiatas dan kontinu menerbitkan tulisan-tulisan baru.

Daftar Tulisan yang Mendapat komentar Terbanyak di pursuingmydream.wordpress.com

Inilah 6 Pemberi Komentar Terbanyak hingga 21 November 2012

loading...

Ayo buat kamu-kamu yang ingin blognya diramaikan komentar-komentar terbaik, silakan follow blog berikut ini ya ;-). :

Sampai disini dulu tips yang bisa saya berikan. Nah kalau teman-teman bagaimana cara kalian untuk meningkatkan trafik blog, apakah trafik penting buat kamu?.

Artikel Terkait:
Akhirnya Blogku Punya Domain Sendiri
Curhat Ngeblog Part II
My Blog Annual Report 2012
Rayakan Pencapaian Blog Anda
Trafik Blogku
Aturan Internetan di Jerman
Tips Mendapatkan Lebih Banyak Trafik Blog
Ngeblog dapat Duit Dengan WordAds

About these ads
loading...

78 thoughts on “Rayakan Pencapaian Blog Anda

  1. […] Artikel Terkait: • Tips Mendapatkan Lebih Banyak Trafik Blog • Cara Membeli Domain di Toko WordPress • Akhirnya Blogku Punya Domain Sendiri • Rayakan Pencapaian Blog Anda […]

  2. Met siang Mbak (WIB), Maaf baru kunjung balik..!!
    manthap blognya, 15/08/2013 10:01 alexa ranknya 300.197
    wahhh…lebih mantap kalo screenshootnya take langsung dari screen, (maaf sekedar saran dari “new blogger)

    1. Screenshotnya bisa dilihat langsung di Trafik blog .

  3. […] Artikel di kategori yang sama: • Cara Membeli Domain di Toko WordPress • Akhirnya Blogku Punya Domain Sendiri • Aturan Internetan di Jerman • Rayakan Pencapaian Blog Anda […]

  4. […] Akhirnya Blogku Punya Domain Sendiri • Curhat Ngeblog Part II • My Blog Annual Report 2012 • Rayakan Pencapaian Blog Anda • Aturan Internetan di […]

  5. Terima kasih banyak mbak atas infonya, toko mebel saya jadi lancar mbak thanks

  6. waaduh keren …….selamat mba, dan tips-nya juga emang jempolan,
    banyak yang saya belum konsisten…..semoga 2013 lebih fokus mencari trafic

  7. Ini analisa dan tips and trick yang keren …

    Dan kalau boleh sedikit menambahkan … untuk upaya meningkatkan trafic …
    ada baiknya kita menulis sesuatu yang sesuai dengan season yang ada …
    untuk case di tempat saya … Postingan berjudul “SUNATAN” itu pasti rame banget kalau sudah menjelang libur akhir tahun atau libur akhir tahun pelajaran …

    Namun pada hakikatnya … hanya ada dua cara untuk meningkatkan trafic yang pasti teruji …
    1. Menulis yang baik …
    2. Blog Walking yang rajin …
    3. Dan Berkomentar dengan baik …

    Salam saya Nella

    1. Itu mah Tiga Cara Om …

      (qiqiqiq maap )

      1. Lagi …
        Menjawab pertanyaan Nella ? Pentingkah traffic ???

        Mmmm …
        Saya harus jawab begini …
        Traffic memang tidak begitu penting (karena blog saya bukan blog berbayar untuk monetizing)

        namun however … jujur saja … Traffic yang tinggi itu membahagiakan …

        Tiada kebahagiaan yang melebihi jika blog kita dikunjungi orang …. tulisan kita dibaca orang … tulisan kita diapresiasi orang … tulisan dikomentari orang …
        dan ini salah satunya tercermin dari … what is the so called … “Traffic”

        So … Traffic is … membahagiakan

        Salam saya

        1. Benar kata on NH, traffic itu membahagiakan, karena blog kita dibaca banyak orang :).

    2. Sipp terima kasih om NH buat masukkannya, sangat berguna buat saya :).

  8. salam kenal ya mbak, makasih dah mampir blog saya, jadi kenal blog mbak juga deh, banyak info menarik 🙂

    1. Hai Zakia salam kenal juga :).

  9. Statistic itu memang ga hanya sekedar angka. Ada kepuasan tersendiri yang tak ternilai waktu ngeliat statistik naik ya.

    1. Iya Den, kepuasan yang memacu untuk lebih rajin nge-blog :).

  10. waaah..senang sekali ya kalau grafik per hari bisa sampai ribuan gituuu 😀

  11. finally bisa jg dpt motivasi tuk menulis dan tingkatin rating di blog.. hehe.. danke y.. tuk info2nya.. aq follow y.. buat bs bljr byk lg.. 🙂

  12. ica03

    selamat and rajin-rajin bloging

  13. Keep consistent sist ! road to 2.000 hits per hari. Mantap & selamat ya 🙂

  14. Waduuuh… Maaf Neng baru sempat berkunjung kemari, dikarenakan saya sedang dihadapkan urusan didunia nyata.
    Alhamdulillah traffic bisa di atas 1000an per hari.

  15. Terimakasih, mbak Nella, tips-nya sangat bermanfaat sekali.

    1. Terima kasih mas Iwan sudah meluangkan waktu berkunjung ke blog saya :).

  16. oke punya mbak. selamat berkarya ya

  17. top banget …selamat yah..saya lagi kejar di angka 1000 . rata rata 800 pengunjung paling tinggi 900 pengunjung..trik yang bagus..sangat berguna..

    1. Semoga tercapai ya diangka 1000 :).

  18. pengen juga deh mbak, pas buka wordpress trus liat stat, muncul angka 1000..
    tips dari mbak harus diaplikasiin nih supaya bisa seperti blog mbak, rame visitorsnya.. 😀

      1. sip mbak 🙂

        blogwalking itu, apakah kita harus memilah-milah blog yang kita kunjungi mbak, seperti blognya juga rame dikunjungi sama visitors??

        biasanya sih, rizka cuma blogwalking ke blog teman-teman kampus aja mbak.. yang rata-rata masih sepi visitors..

        1. Cobalah blogwalking yang ramai trafiknya, bisa menyumbang trafik ke blogmu juga loh ;-).

          1. oke mbak 🙂
            makasih atas sarannya mbak 😀

  19. Gimana cara mendaftarkan link (submit blog) ke mesin pencari?

    1. Hai Ika di point no.1 ada ko linknya. Ini ya saya ulang lagi http://blogsearch.google.com/ping kamu tinggal copas link tulisannyamu yang mau di ping ke link tsb :).

      1. Ok, thanks ya. Udah aku klik 🙂

  20. blog wordpress saya sepertinya mulai dihiasi sarang laba2 karena jarang saya buka, mungkin dengan tips di artikel ini blog saya bisa saya angkat lagi ke permukaan, nice article mbak 😀
    baca blog mbak juga nambah wawasan saya tentang jerman 😀

    1. Hai Rizal, wahhh harus dibersihkan tuh sarang laba-labahnya :D.

  21. ded

    Tips nya sangat bermanfaat Mba, akan saya cobakan.
    Terima kasih…. 🙂

  22. andalah salah satu penyemangat saya untuk lebih meningkatakan efesiensi blog saya. awalnya saya pikir blog gunanya hanya tempat saya memaparkan produk cake online saya serta suka dukanya plus resep. dannnnn….. sekarang saya semangat juga blogwalking dengan tema diluar kerjaan saya. melancong dan melihat lihat negara laen just by photo on the blog. wow… 🙂
    congrats buat pencapaian yang amazing banget looo……! …:)

    1. Coba blogwalking mbak Dkeik, selain menjalin persahabatan dengan sesama blogger, siapa tahu ada tertarik memesan cake :).

      1. siappppp mbak…… 🙂

  23. wuah.. congrats for the first thousands visits/day.
    Tips-nya sangat praktis dan manjur!!

    1. Terima kasih Senjaya The Green :).

  24. Salut dengan mba yg satu ini…. Luar biasa pencapaiannya mba…
    Salam persahabatan selalu…

    1. Salam Persahabatan juga mas Asa :).

  25. saya ngeblog dari 2008, untuk mencapai angka 1000 butuh sebulah xixixixix, payah ya

    1. Hai Anton, sering berkunjung blogwalking supaya banyak teman :).

  26. wah sekali lagi selamat mba Nelaaaaa…..sukses dgn blog nyaaaaaaaa

  27. Ry

    Tipsnya oke tuh mbak 🙂
    dan selamat buat pencapaiannya….

    *smoga saya bisa nyusul
    *ngarep
    *hehehhe

  28. 'Ne

    waaahh selamat ya mbak Nella.. blog saya belum pernah tuh sampai ribuan hehe.. makasih banget bagi2 tipsnya..
    beberapa ada yg sudah saya lakukan misalnya link ke socmed dan juga ada beberapa tulisan saya yang masuknya juga dari mesin pencari 🙂
    blogwalking memang sangat membantu ya mbak, selain silaturahim juga bisa kenal dengan blog-blog yang lainnya..

    sukses terus ya mbak Nella 🙂

    1. Iya ‘Ne blogwalking amat sangat membantu, Sukse juga ya ‘Ne :).

    1. Hai Boedi, saya menikah dg wn. Jerman jadi ya menetap di Jerman deh :).

      1. Hay, mbak…. ??? (bingung mau manggil siapa?) hehehe.
        ohh….. menetap di nagari Jerman. Jauh yah?. Aku Belajar banyak dr tulisanmu mbak.

        1. Panggil “Nella” saja :D.

          1. Nella?. Nama yang singkat. hehehhe

          2. Itu buat panggilan saja, kalau mau lengkap puanjanggg :D.

  29. Terimakasih banyak sahring ilmunya.

    1. Sama-sama pak Lambang, makasih juga sudah sering berkunjung ke blog saya :).

      1. Semakin banyak tulisan, semakin sering.

  30. Waaaaaw, udah banyak banget mbak. 🙂
    Mantapppppppppppp :mrgreen:

      1. Tipsnya bermanfaat mbak. 🙂
        Keep writing ya. Hehe

  31. Traffic-ku mayoritas masih dari search engine ^^„
    Untung aku suka review-review, jd banyak yang kejebak di blogku… hahaha..

    1. hahahha Nita bisa aja deh, ko kejebak :D.

  32. Selamat mba yah …
    Tapi kalau yang blog walking, butuh niat dan “malas killer” yang kuat sepanjang masa tuh mba buatku 😀

    1. Terima kasih Ahsan. Eh kadang-kadang saya juga males ko :D.

  33. Wah..thanks banget Mbak Nela sharenya. Banyak banget hal-ha lpenting yang bisa kita lakukan,namun belum saya lakukan. Ada yang sudah, namun banyak juga yang belum.
    Saat ini blog saya trafficnya sekitar 750 -1100 per harinya. Bervariasi tergantung hari dan jenis tulisan yang saya buat serta banyaknya kunjungan teman-teman blogger lain juga. Tapi saya pikir mungkin traffic segitu cukup lambat saya dapatkan dibanding teman-teman blogger yang lain, karena saya sudah hampir 2 tahun ngeblog. Nanti saya akan coba tips-tips nya Mbak Nella biar lebih cepat dapat traffic yang banyak Mbak. Thnaks sekali lagi ya..

    1. Saya malah sudah 3 thn nge-blog mbak Andani, tapi trafik bagus baru beberapa bulan ini saja :D.

      1. Oh gitu ya Mbak. Tadinya saya pikir hanya saya sendiri yang punya masalah.
        Memang saya rasakan juga, setelah menjalin persahabatan dg teman-teman sesama blogger, traffic jadi meningkat dengan lebih baik Mbak…

        1. Iya mbak Andani, setelah saya rajin blogwalking trafik jadi naik :).

Comments are closed.