Memisahkan Bromelia Guzmania

loading...

Protected by Copyscape Web Plagiarism Check

Dari dahulu saya ingin sekali membeli bunga Bromelia Guszmania, cuma harganya belum pas di kantong, paling murah 7 Euro an itu juga yang kecil dan tidak terlalu bagus, maka saya selalu urungkan niat untuk membelinya.

Akhir Oktober lalu  ke Obi Heilbronn  untuk membeli kardus-kardus untuk pindahan rumah, kemudian mampir ke bagian tanaman eh pas ada diskonan Bromelia, saya ambil satu pot, trus suami tercinta ambil satu lagi, katanya “mumpung diskon beli dua saja”. Senangnya!!! ga tanggung-tanggung harganya hanya 1 Euro/pot.

Dua Jenis Bunga Bromelia Guzmania

Begitu tiba dirumah, saya satukan keduanya di pot yang agak besar. Tanaman ini tanaman tropis jadi tidak membutuhkan banyak air, cukup disiram seminggu sekali ;-).

Dua Bromelia Guzmania yang saya punya adalah:

  • Guzmania Tutti Frutti (T12 Orange)
  • Guzmania Diana (Kuning)
Bromelia Guzmania Siap di Pisahkan

Setelah membaca tulisan Kamera Ungu  saya jadi sedikit mengetahui mengenai tanaman ini. Akhirnya saya mempunyai waktu untuk memisahkan anakannya. Horeee ada 3 anakan Bromelia.

loading...
Bromelia Guzmania Orange sudah dipisahkan Anaknya

Tips perawatan Bromelia:

  • Letakkan Bromelia di tempat terang, namun jangan sampai kena sinar matahari langsung.
  • Siram (beri air) tepat ke tengah tanaman. Bisa disiram dengan air keran, namun air hujan lebih bagus lagi untuk Bromelia.
  • Jaga supaya tanah lembab, tapi jangan sampai basah. Tidak perlu diberi pupuk berlebihan, cukup sebulan sekali atau lebih.
  • Bromelia adalah tanaman tropis, jadi buat kamu yang tinggal di negara musim dingin, maka letakkan Bromelia didalam rumah. Bromelia suka suhu 15-25 derajat C.
  • Bromelia hanya satu kali berbunga lalu mati.
  • Bromelia mu hampir mati, jangan kuatir, coba cek sekelilingnya siapa tahu kamu beruntung mendapatkan anakannya ;-).
  • Kalau ada anakannya dan ukurannya sudah agak besar, segera dipisahkan.
  • Saya pisahkan anakannya, lalu bagian akarnya saya oleskan air dan beri sedikit serbuk kayumanis. Kayu manis berguna sebagai pengganti rooting hormone dan juga membunuh jamur dan bakteri
Anakan Bromelia Guzmania Orange (Tutti Frutti) Sudah di taruh di Pot Terpisah
Karena masih Satu maka Anakan Bromelia Guzmania Diana (Kuning) disatukan saja dengan Induk tanamannya

Video Memisahkan Bunga Bromelia Guzmania

Informasi lainnya mengenai Bromelia klik www.bromelia.info

loading...

Tulisan Terkini:

About these ads
loading...

52 thoughts on “Memisahkan Bromelia Guzmania

  1. rezi

    kak nela,,,,mana postingan bromelianya lagi,,,apa udah beranak pinak?,,,sy punya yg kuning,tp susah beranak, beda dg yg warna orange dan warna merah, anakanya byk jd mudah berkembangnya

    1. Hai Rezi, belum ada lagi cerita Bromelia karena masih begitu aja, belum berbunga.
      1 bromelia mati 🙁 lupa warna apa, 2 anakan yang saya pisahkan juga mati 😥 . Saat ini masih ada 1 Bromelia sudah ada 2 anakannya, tapi saya belum pisahkan, kuatir mati juga. Mungkin awal musim panaslah saya pisahkan saat cuaca bagus.

  2. […] yakni ruangan yang penuh bunga warna-warni. Kami masuk ke ruangan tanaman tropis. Ada Bromelia, anggrek berbagai macam warna dan beragam jenisnya, bahkan ada anggrek asal Malaysia yang namanya […]

  3. […] yakni ruangan yang penuh bunga warna-warni. Kami masuk ke ruangan tanaman tropis. Ada Bromelia, anggrek berbagai macam warna dan beragam jenisnya, bahkan ada anggrek asal Malysia yang namanya […]

  4. Cantik banget bunganya. Kalau di Indonesia kira2 harganya berapa mbak ya ???

    1. Hai 13luejewel saya kurang tahu harga di pasaran Jakarta, coba kamu google deh :).

  5. wah ternyata bunga ini mahal ya?
    ckck ck
    *) geleng-geleng kepala
    di rumah terbengkalai saja 🙁

    1. Iya Rangtahu, disini Bromelia mahal. Kalau mau beli tanaman paling saya nunggu2 diskonan :D.

    2. rezidasmeri

      Bolleh sy jemput ke rumahnya rang talu ? Sy penggemar bromelia…rumahnya di talu ?

  6. Itu pupuknya dari kompos ya ?
    kalau disana produksi kompos itu sengaja dibuat atau dari kandang ternak ?

    #penasaran

    1. Hai Ahsan, kalau pupuk saya beli yang dari supermarket khusus tanamanan. Nama pupuknya “Compo Sana“.
      Disini pupuk ada yang sudah jadi tinggal beli di supermarket, ada juga yang warga bikin kompos sendiri dari daun2 kering atau sampah kering rumah tanggah trus saya kan tinggal di daerah pertanian & peternakan, kadang2 cium bauuuu kotoran ternak, karena yg punya mengolahnya buat dijadikan pupuk.

      1. Berarti tinggal di desa yaa… hi hi hi
        tapi udah kelihatan kota banget.. walau daerah pertanian dan peternakan, dah ada supermarket

  7. bentuknya unik, kayak nanas dibonsai.. mantab.
    ama anggrek lbh bagusan mn yah??

  8. wah udah gedhe banget anakan Bromelia nya Mba.. Punyaku masih kecil, jadi biar aja nempel ama induknya dulu..hehe..
    Cerita & info yang menarik mba! 🙂

    1. Setelah baca tulisanmu Ayu besoknya ku pisahkan Bromelia ku, kuatir induknya keburu mati :D.

  9. Tanamannya manis bentuknya.. Aku ga openan sama taneman, padahal pingin punya yang kecil2 aja biar ada yang ijo2 di dalam rumah. 🙁

    1. Kalau gitu mulai cari tanamannya Be, banyak ko yg ga ribet pengurusannya, seperti Bromelia ini cukup seminggu sekali di siram :).

  10. Kayak nanas tai berwarna ya 😀

    1. Wahhh Eka tauu aja deh, benar ko, Bromelia ini masih kerabat tanaman nanas :).

  11. Aghh pengend yang warna kuning didaerah saya banyak tempat jual bungga, tapi gk ada yg jual kyk gni..

    1. Ada nya bunga yang seperti apa Liberto? :D.

      1. kebanyakan bunga anggrek -___-“

  12. Wah.. bromelia. Aku dikasih sama tetanggaku yang sudah bosan memeliharanya. Dan emmang benar, bromelia ini tumbuh baik di tempat yang nggak kena sinar matahari langsung Mbak..

    1. Hai mbak Andani, Bromelia mudah dipelihara, seperti yang mbak bilang jangan kena sinar matahari langsung. Bromelia cukup disiram seminggu sekali :).

  13. saya punya ,tanaman seperti itu ..tapi suka jadi sarang kodok di bunganya..enak kali adem ..jadi ku buang saja…hiiiii

    1. yang warna kuning bagus yah..baru lihat nich jadi ingin tanam lagi….terima kasih info sangat berguna ..

    2. Hahaha kocoknya kecil ya pak Maman? kalau tanamannya disiram, air akan nyangkut di tengah2 daun2nya jadi itu yang bikin adem.

      1. iya…hiii.. mau cari lagi yang warna kuning bagus banget.jarang ada di sini..

  14. Nisa

    cantiknya mbx bunganya,,,,,,sekarang waktunya beres2 tanaman,masuk rumah,,,bakal lebih sibuk dan mengasikkan ya mbx,,,,selamat beraktivitas

    1. Hai Nisa, benar sekali Nis waktunya tanaman2 dimasukkan dalam rumah :).

  15. mau yang merah pwiiiiis 😆

    1. Kalau anaknya sudah banyak yaa :D.

  16. Aku pernah kerepotan dengan tanaman ini. Dari punya satu pot, akhirnya sampai dibagi-bagikan ke siapa saja yang mau karena beranaknya cepat sekali.

    1. Wow gitu ya Chris ternyata cepat juga ya, berarti tanamannya cocok di lingkungan mu tuh. Kalau Bromelia ku sih baru beranak dua dan yang satu lagi anaknya baru satu.

    2. Tanaman itu banyak di Indonesia ? kalau hijau aja pernah lihat. Tapi merah dan kuningnya ?

      1. Wah kalau warna-warna coba ntar cek di google :D.

        1. boleh juga tuh, aku nunggu aja…. Soalnya tdk faham bunga.

  17. ~Ra

    Aih.. rajinnya berkebun. 🙂 Dirumah nggak ada tanaman aneh-aneh gitu.. Pernah semangat nanam ini itu, ditaruh di halaman depan, tapi pulang-pulang udah pada rusak diseruduk kambing.. 😀

    Jadi sekarang cuma punya kacang-kacangan, nggak perlu perawatan khusus, cuma gunting aja kalau udah pada panjang.. 😀

    1. Hahahah tanduk kambingnya gatal kali ya Ra, jadi nyeruduk tanaman deh :D.

  18. Cakep gak ada di Indonesia ya ?

    1. Hai pak Lambang, Ketika tinggal di Indonesia saya belum suka bunga-bunga, jadi belum banyak tahu jenis2 bunga :D, mungkin Bromelia ada deh karena bunga ini adalah tanaman tropis :).

      1. Tanaman tropis yah ? sori gak faham bunga bungaan. Kalau lewat tukang bunga, coba nanti saya lihat2.

    2. Pak Lambang, Bromelia ada di Indonesia Chris punya tanamannya, barusan dia komen disini :).

    3. rezidasmeri

      Ada dunk..,saya jg penggemar bromelia,,dan bbrapa jenis dan warna guzmania ( merah,ungu,orange,kuning) sy sdh punya,,cuma sy agak kedulitan mencari jnis lain disini..

      1. Hai Rezi, wah bayank juga ya koleksi mu :D, kalau di tempatmu sekitar harga berapa ya Bromelia Guzmania?.

  19. baru tahu mba Nel kalo ini namanya bromelia. mahal jugg ya di sana harganya. mertua saya punya banyak di rumahnya. saya pernah dikasih tapi mati karena kebanyakan air.. nyesel deh.. T.T

    1. Gak boleh kebanyakan disiran Dan, cukup seminggu sekali saja.

      1. itulah kesalahan saya…tiap hari disiram karena kerajinan… 😛

Leave a Reply