Resep Brownies yang Simpel

Brownies Panggang Buatan Tengah Malam
loading...

Resep Brownies yang Simpel. Waktu telah menunjukkan 22.30 malam, acara di Tv tidak ada yang menarik. Koran, tabloid, iklan-iklan supermarket sudah habis dilahap (dibaca).

Brownies yang Simpel. (Foto: dok. pribadi)

Tadi siang print out tiga macam resep, jadi pengen makan Brownies. Ku tanyalah Frank: „Eh, kamu suka Brownies?“ Frank: „suka..“. Ku tanya lagi:  „.. suka gak kalau browniesnya di kasih campuran-campuran seperti kismis, kacang, almond“. Frank: „.. yang original saja tanpa campuran macam-macam!“.

Harus di tanya detail nih, karena terakhir kali bikin bolu apel, saya kasih kismis ke adonannya. Ternyata Frank gak makan sepotongpun kuenya. Hiks seloyang terpaksa saya habiskan sendirian, sampai bosan tiap hari pulang kursus makan kue apel :(.

Berhubung di sini kalau sudah jam 10 malam tidak boleh bikin berisik, maka saya lihatlah apa ada resep brownies yang dibuat tanpa mikser. Ehhh ada loh!. Langsung ke bongkar-bongkar di dapur. Beberapa saat kemudian Frank menghampiriku ke dapur dan bertanya : “.. mana browniesnya?.. ditunggu-tunggu gak datang-datang“.  “..Yaelahhh ini baru mau dibuat tau” sahutku :P. Hahahha dikirain Frank saya habis beli brownies gitu he-he-he.

Udah ah, langsung saja ke resepnya.

Better Brownies

Bahan yang dibutuhkan:

  • 120 ml minyak sayur
  • 200 g gula pasir
  • 2 butir telur ayam
  • 60 g tepung terigu
  • 30 g bubuk coklat (tawar)
  • 2 g garam
  • 1 g Baking Powder
  • Vanili
  • 4 sendok makan susu cair (saya gunakan karena adonan terlalu kental)
  • 60 g kenari (optional, tidak saya gunakan)

 

Cara Membuat:

  • Siapkan Oven (panaskan 175 derajat C), loyang olesi mentega dan taburi tepung terigu. Saya gunakan Loyang anti lengket (mempersingkat waktu ;-)).
  • Tuang gula ke dalam mangkok ukuran sedang (untuk pencampuran bahan-bahan), masukkan minyak sayur, masukkan telur, vanili aduk hingga tercampur.
  • Masukkan tepung terigu ke adonan diatas, kemudian tambahkan bubuk coklat, Baking Powder dan garam.
  • Aduk hingga tercampur merata, masukkan susu cair (kalau adonan terlalu kental saja ya).
  • Panggang selama 20 hingga 30 menit.
  • Selamat mencoba ;-).

Minyak sayur saya gunakan minyak bunga matahari (dalam kemasan), bubuk coklat (kakao) saya gunakan dari Dr.Oetker. Sebaiknya gunakan bubuk coklat (kakao) yang bagus, supaya Browniesnya wangi dan enak.

loading...

Tengah malam kami santap browniesnya, gimana mau langsing coba? makan enak mulu :P. Browniesnya saya masukkan lemari es, besoknya kami santap buat sarapan. Wah kalau dingin tanpa lezat!.

 

Brownies Panggang Buatan Tengah Malam

Resep saya ambil dari  allrecipes.com

loading...

 
Daftar Food & Cooking lainnya silakan disini.

About these ads
loading...

24 thoughts on “Resep Brownies yang Simpel

  1. fiona

    wah ini juga mau coba ahhhhh krn fans berat ama brownies xixixixixi…..
    dari pada beli mending buat sendri hahaha puas makannya alias kl nga enak juga puas xixixixi

    1. Iya Cudy ayoo bikin kue sendiri, terasa beda klo berhasil bikin sendiri ;).

      1. fiona

        Iya nih skrg ketularansuka berkebun dan mau masak kue heeeee…..
        Lagian uda mau hang out cari oven panggang yg dr gas jd cepet xixixixi… kl listrik nta bagus ng ya ? Dan kl minyak nya bukan dr bunga matahari bisa pake minyak sayur biasa mba? Kalo bahan lain seh indonesia ada cuma minyak bunga matahari ini yg nta mau cari dimana hiiiii…..

        1. Dear Cudy, Oven listrik saja, cari yg tidak terlalu besar wattnya, jangan pas panggang kue listrik loncat dan mati karena ovennya hahah .. dulu oven listrikku 1500 watt deh, jd klo masak kue matikan banyak lampu dulu :D. Ya bisa ko pakai minyak sayur, sama saja ;).

  2. salam kenal nella.wah simple ya resepnya, trus penampakannya itu loh menarik bgt.aku suka brownies yang luarnya garing dan retak2 gitu tp dalemnya masi agak lembab gitu.kapan-kapan aku cobain deh.makasih ya sudah berbagi 🙂

    1. Hai Nanik salam kenal juga ya :). Browniesnya masukin kulkas dulu, dingin lebih enak ;).

  3. wah bisa jadi referensi bikin brownise nih, aunty (aku panggilnya aunty ya, aku masih SMA kelas 1 soalnya 😀 hehe)
    aku tempo hari habis buat brownise kukus, aunty. dapat resep dari internet. aku bilang ke mama kalo aku mau bikin brownise, tapi mama lagi sibuk akhirnya di kasih uang aja buat beli bahan2nya. akhirnya aku bikin brownise nya sendirian, nggak ada yang bantuin dan ikutin resepnya. setelah jadi, brownise nya nggak sempurna. jadinya bantet >_< tapi enak :mrgreen:
    kayanya resep dari aunty lebih simple deh ya. kapan2 mau nyobain resep dari aunty deh 😀 hehe

    1. Hai Halida salam kenal ya. Silakan panggil aunty atau kakak juga boleh ;).
      Silakan dipraktekkan resepnya, semoga berhasil ya.

  4. beneran mbak bisa jadi walau tanpa di mixer ya..? soalnya anak-anak suka tapi aku jarang sekali bikin soalnya takutnya aku juga keseringan ngambil juga, kalau beli kan pas irisannya buat anak-anak saja…akunya selalu banyak menghindar hehehehe…susah juga sebenarnya utk jaga bb ini:)

    1. Saya buat tanpa mixer ;-). Kan tidak tiap hari makan Brownies mbak, sekali-kali bolehlah memanjakan mulut kita hahahaha.

  5. Waah senangnya Frank. Kmu doyan bikin kue sama doyan makan, kalau saya cuma doyan bikin aja tapi makannya kurang. Haha
    😀
    Salam kenal. Oya, saya panggil kamu apa ya? 😀

    1. Hai Isni, salam kenal juga ya, panggil Nella saja. Ya kadang saya senang bikin kue, kalau makannya kalah balapan dengan suami hehehe :D.

      1. Hai, Nella. Waah, istri yang pandai masak juga keinginan saya. Bedewe, skrang ikut suami ke swiss?

        1. Hai Isni, sekarang kami menetap di Jerman ;-).

          1. Suamimu org jerman ya? Waah asik tuh. 🙂

          2. Hehe, semoga hari-harimu Indah Nella. 🙂

  6. wow.. tengah malam bikin brownies euy 😀

    1. Iya terpaksa bikin karena toko kue sudah pada tutup semua hehehe

  7. hmmm… yummiee..
    tnggl bkin rainbow cake neh

Leave a Reply