Temannya Roti Tawar

Roti Tawar dan teman-temannya (Foto: dok. pribadi)
loading...

Hampir setiap hari makan roti tawar, ya buat sarapan, buat mengganjal perut kalau pulang kursus, bahkan kalau malam sering kali suami dan saya makan roti tawar. Paling sering kami buat toast, jadi roti tawarnya di panggang sebentar dalam toaster kemudian taruh selembar keju diantara rotinya. Schmecklecker! ;-).

Kadang saya bosan juga tiap hari makan keju melulu.  Kadang kalau pengen roti dengan selai ya  pakai selai strawberry, lain hari selai coklat.

Nah beberapa hari lalu baru beli selai kacang (pengen banget pas lihat di supermarket), karena niat pengen mencoba-coba, maka saya cari-cari yang kemasan kecil, ternyata tidak ada, trus selainya ada hanya yang  yang “Bio” (organik?). Kalau ada embel-embel Bio harga produk-produk makanan ya jadi lebih mahal dibanding yang biasa.

Selain selai, sering juga kami makan rotinya dengan wurst (daging berbumbu).

Berikut ini saya perkenalkan teman-teman si roti tawar:

loading...
  1. Selai Stroberi. Taman stroberi pertama kali dikembangkan di Brittany, Prancis, pada tahun 1750-an. Penghasil Stroberi terbesar di dunia tahun 2010 adalah Amerika, kedua adalah Turki. (data wikipedia). Stroberi mengandung fisetin,  antioksidan yang telah dipelajari dalam kaitannya dengan penyakit Alzheimerdan gagal ginjal akibat diabetes.

    100 % Selai Stroberi (Foto: dok. pribadi)

Selama ini saya gunakan selai stroberi yang 100%, karena kalau selai kandungan stroberinya 40 atau 60%, maka campuran lainnya mungkin air dan lainnya (teori suamiku :P).

2. Selai Coklat. Cokelat adalah sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao (Theobroma cacao). Cokelat pertama kali dikonsumsi oleh penduduk Mesoamerika  kuno sebagai minuman. Cokelat mengandung alkaloid-alkaloid seperti teobromin, fenetilamina, dan anandamida, yang memiliki efek fisiologis untuk tubuh. Kandungan-kandungan ini banyak dihubungkan dengan tingkat serotonin dalam otak.

Menurut ilmuwan cokelat yang dimakan dalam jumlah normal secara teratur dapat menurunkan tekanan darah. Cokelat hitam akhir-akhir ini banyak mendapatkan promosi karena menguntungkan kesehatan bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, termasuk kandungan anti oksidannya yang dapat mengurangi pembentukan radikal bebas dalam tubuh.

Selai Coklat Kesukaan saya (Foto: dok. pribadi)

 3.  Selai Kacang. Selai kacang dan sandwich jelly atau PB & J sandwich, populer di Amerika Utara, yang mencakup lapisan selai kacang dan baik selai atau jelly pada roti, biasanya antara dua potong, tapi kadang-kadang dimakan terbuka atau dengan satu slice dilipat.

Fakta Kacang dan Selai Kacang :

  • Dibutuhkan sekitar 540 kacang untuk membuat 12-ons selai kacang.
  • Amerika mengkonsumsi rata-rata lebih dari 1,5 milyar pon selai kacang dan produk kacang setiap tahun.
  • Selai kacang dikonsumsi pada 90 persen rumah tangga Amerika Serikat.
  • Empat dari 10 bar permen yang diproduksi di Amerika Serikat mengandung kacang atau selai kacang.
  • Amerika menghabiskan hampir $ 800 juta per tahun untuk selai kacang.

Nutrisi Kacang Tanah :

  • Kacang tanah memiliki lebih banyak protein, niasin, folat dan pitosterol dibanding jenis kacang lainnya.
  • Kacang tanah memiliki kapasitas antioksidan yang lebih tinggi dibanding anggur, teh hijau, tomat, bayam, brokoli, wortel dan banyak lagi.
  • Kacang tanah dan selai kacang mengandung lebih dari 30 nutrisi penting dan fitonutrien.
  • Kacang tanah secara alami bebas kolesterol.
    Selai Kacang Bio Produk (Foto: dok. pribadi)


    4. Keju Sandwich, adalah keju yang umumnya dibuat dengan satu atau lebih varietas keju pada setiap jenis roti. Keju Sandwich dapat dimasak atau dipanaskan sehingga toast roti dan keju meleleh (hidangan disebut dikenal sebagai sandwich keju panggang, panggang keju, keju Toastie hanya panggang).

    5. Sosis Ringan. Cocok buat cemilan. Dibungkusnya dibilang pedas, nyatanya tidak terasa cabainya :D.

    Kaminwurzerl, sosis ringan untuk temannya roti tawar dan jenis roti lainnya (Foto: dok. pribadi)

Kalau Anda makan roti tawar sukanya pakai apa? :).

loading...

Sumber: wikipedia

 
Daftar Food & Cooking lainnya silakan disini.

About these ads
loading...

5 thoughts on “Temannya Roti Tawar

  1. hadeeeh.. itu selainya bikin ngiler aja deh 😀 kalau aku suka roti tawar dioles mentega dan ditabur meises coklat 😀 nyaaammm (gawat.. jadi ngiler kuadrat nih :D) roti mana roti??

    1. hahahahha kamu ngomonin roti dioles selai mentega dan tabur meses coklat jadi pengen. Bikin ahhh :D.

  2. Hi Nell…gw suka semua temannya roti tawar yg lo sebutin di atas, hehehe..di Norway ada Brown Cheese yg yummi banget nell…trus rasa selai di sana koq beda yah sama rasa selai di indo?hehehe…mnrt lo gimana?

    1. Wah pelu di coba tuh brown cheese. Harga selainya juga beda kali Hen 😀

  3. chocolate and cream! hehe… sweet tooth of all time…is d best with bread!!! yummay….ok now u r making me hungry…gota go get my breakfast!! uhhuuu

Leave a Reply