Tips Bunga Potong Tetap Segar

Fairtrade-Rose (Foto: dok. pribadi)
loading...

Tips Bunga Potong Tetap Segar. Anda suka menata rumah dengan bunga-bunga segar?. Berikut ini ada tips yang bisa Anda praktekkan ketika Anda membeli bunga potong dan menatanya dirumah.

Fairtrade-Rose (Foto: dok. pribadi)

Pada saat membeli bunga potong, perhatikan beberapa hal berikut ini:
• Lihat apakah kondisi keseluruhan tanaman bunga terlihat segar, baik dari bunga, tangkai dan daunnya. Pilihlah bunga yang masih kuncup (sedikit terbuka). Lihat apakah batang bunga terendam baik didalam air.
• Setelah Anda membeli bunga potong pilihan Anda, persiapkanlah vas bunga yang akan digunakan. Vas bunga harus dalam keadaan bersih, Anda bisa membersihkan dengan air panas, deterjen dan sikat nilon untuk mencegah perkembangbiakan kuman.

• Tuang air bersih kedalam vas bunga, masukkan bunga potong. Perhatikan jangan sampai ada daun yang menyentuh air di vas bunga, karena daun akan segera membusuk dan membuat air menjadi kotor. Sebaiknya potong daun-daun dibagian bawah tangkai sehingga tidak menyentuh permukaan air.
• Potong ujung batang bunga potong Anda dengan pisau tajam kira-kira 2-3 cm. JANGAN gunakan gunting untuk memotong batang bunga!, karena gunting akan menghancurkan jalur air pada tangkai tanaman bunga tersebut. Bunga yang sudah selesai dipotong ujungnya, harus segera dimasukkan kedalam air, jangan sampai kotor.

• Kalau Anda menggunakan obat penguat bunga potong, perhatikan dosis pengunaannya.
• Jangan biarkan bunga potong terkena sinar matahari langsung, asap rokok juga buruk untuk bunga.
• Jauhkan bunga potong dari buah dan sayuran, karena kandungan ethylene yang ada pada buah dan sayuran. (Ethylene adalah zat yang bisa memperpendek usia bunga potong).
• Jika tidak ada cairan penguat bunga potong, bisa teteskan cairan pencuci piring ke dalam vas bunga yang telah berisi air secukupnya. Tips ini saya baca dari papan bunga matahari di Ladang Bunga.

Sumber: terjemahan bebas http://www.fairtradecode.de/transfair

Baca juga:

loading...
loading...

My Garden, lihat kebunku penuh dengan bunga
Mekarnya Tulip Merah
Cantiknya Tulip Pink
Bunga Musim Semi
Bibit Bunga Untuk Spring time 2012

About these ads
loading...

2 thoughts on “Tips Bunga Potong Tetap Segar

  1. Saya dan istri saya enggak pernah beli bunga segar, Mbak.
    Etapi saya baru tahu kalau buah/sayur tidak boleh dideketin sama buah segar karena kandungan etilen..

    1. Saya baru-baru ini saja tahu mas Gie :D.

Leave a Reply