Liechtenstein, Kini termasuk Negara Schengen

loading...

Liechtenstein, Kini termasuk Negara Schengen. Kebetulan lagi melihat-melihat website salah satu kedutaan, baru tahu ternyata kini ada anggota baru negara-negara Schengen, yakni negara yang bernama Liechtenstein.  Liechtenstein mulai bergabung menjadi anggota negara-negara Schengen pada 19 Desember 2011. Maka total anggota negara-negara Schengen kini menjadi 26 negara. Negara-negara tersebut adalah :

1. Austria
2. Belanda
3. Belgia
4. Ceko
5. Denmark
6. Estonia
7. Finlandia
8. Hongaria
9. Islandia
10. Italia
11. Jerman
12. Latvia
13. Lituania
14. Luksemburg
15. Malta
16. Norwegia
17. Perancis
18. Polandia
19. Portugal
20. Slovakia
21. Slovenia
22. Spanyol
23. Swedia
24. Yunani
25. Swiss
26. Liechtenstein

Kini jika Anda punya visa schengen, Anda bisa berkunjung ke 26 negara-negara diatas, dan juga silakan kunjungi Liechtenstein ya ;-).

Beberapa point yang menarik untuk disimak mengenai Liechtenstein, antara lain:

  • The Rhine in Balzers; view on the Gonzen (Foto: wikipedia.org)
    The Rhine in Balzers; view on the Gonzen (Foto: wikipedia.org)

    Liechtenstein beribukota kan Vaduz,  adalah negara terkecil keempat Eropa, setelah Vatikan, Monako, dan San Marino. Liechtenstein adalah sebuah negara pegunungan ganda terkurung daratan di Eropa Tengah. Luas negaranya kurang lebih 120 kilometer persegi yang, terletak di tepi timur Sungai Rhein, di antara negara Austria dan Swiss. Diperkiraan populasi penduduknya hanya 35.000 jiwa. Kota terbesar di Liechtenstein adalah Schaan. Liechtenstein memiliki utang eksternal terendah di dunia. Liechtenstein juga memiliki tingkat pengangguran terendah kedua di dunia sebesar 1,5% (Monaco adalah pertama).

  • Segala urusan luar negeri negara berbahasa Jerman ini diurus oleh Swiss. Liechtenstein terkenal pula dengan jasa perbankan  dan mengandalkan pendapatan dari sektor pariwisata, terutama penjualan prangko. Mata uang negara ini sama dengan Switzerland, yakni Swiss franc (CHF).

 

  • Government Building, Vaduz, Liechtenstein – Seat of Government and Parliament. (Foto: wikipedia.org)

    Liechtenstein adalah negara kecil, namun kaya (berdasarkan GDP per kapita). Dikenal sebagai negara kerajaan karena merupakan monarki konstitusional yang dikepalai oleh seorang pangeran. Liechtenstein dibagi menjadi 11 kotamadya. Kebanyakan dari wilayahnya adalah pegunungan, sehingga olahraga musim dingin menjadi yang utama. Negara ini memiliki sektor keuangan yang kuat terletak di ibukotanya, Vaduz, dan telah diidentifikasi sebagai surga pajak. Liechtenstein adalah anggota dari Asosiasi Perdagangan Bebas Eropa dan bagian dari Wilayah Ekonomi Eropa, dan anggota Wilayah Schengen tetapi tidak tergabung dengan Uni Eropa.

    • Pajak usaha yang sangat rendah (terendah di Eropa), tarif pajak maksimum 20% Liechtenstein juga menghasilkan pendapatan dari Stiftungen (“yayasan”), yang merupakan entitas keuangan diciptakan untuk meningkatkan privasi kepemilikan keuangan asing bukan penduduk. Yayasan ini terdaftar atas nama sebuah Liechtensteiner.
    • Äule Street, Vaduz, Liechtenstein (Foto: wikipedia.org)

      Liechtenstein adalah produsen besar keramik dan merupakan produsen terbesar di dunia dari pembungkus / kulit  sosis, unit penyimpanan kalium dan gigi palsu. Industri lainnya termasuk elektronik, tekstil, manufaktur logam, peralatan listrik, baut jangkar, kalkulator, farmasi, dan produk makanan. Perusahaan internasional dan perusahaan terbesar adalah Hilti, produsen sistem pengikat langsung dan high-end alat-alat listrik. Liechtenstein memproduksi gandum, barley, jagung, kentang, produk susu, peternakan, dan anggur. Pariwisata menyumbang sebagian besar perekonomian negara.

    •  

      loading...
      Heliport in Balzers, Liechtenstein. In the background the castle Gutenberg and Liechtenstein Alps (Foto: wikipedia.org)

       

      Liechtenstein tidak memiliki bandara. Bandara besar terdekat adalah Zürich Airport di Swiss (130 km/80 mil melalui jalan darat). Bandara kecil terdekat adalah St Gallen Bandara (50 km/30 mil). Ada heliport kecil di Balzers di Liechtenstein yang tersedia untuk penerbangan helikopter carteran.

     

  • Kepolisian Liechtenstein bertanggung jawab untuk menjaga ketertiban dalam negeri. Badan kepolisian terdiri dari 87 petugas lapangan dan 38 staf sipil, sebanyak 125 pegawai. Semua petugas dilengkapi dengan senjata ringan. Negara ini memiliki salah satu tingkat terendah di dunia kejahatan. Penjara Liechtenstein sedikit, jika ada, narapidana dengan masa tahanan lebih dari dua tahun akan ditransfer ke yurisdiksi Austria. Kepolisian Liechtenstein mempertahankan perjanjian trilateral dengan Austria dan Swiss yang memungkinkan kerja sama lintas perbatasan antara pasukan polisi dari tiga negara.

     

    Moto  negara Liechtenstein : Für Gott, Fürst und Vaterland (For God, Prince and Fatherland). Jadi kepengen tinggal di Liechtenstein, sepertinya negaranya tenang, tenteram, damai sentosa. Kira-kira ada warga Indonesia yang menetap disanakah? ;-).

    Sumber: wikipedia.org

    loading...

    Tulisan Terkini:

  • About these ads

    2 thoughts on “Liechtenstein, Kini termasuk Negara Schengen

    1. Yudu

      Sama yah aku kok tertrik juga yah kalau bisa tinggal disana, mungkin ngak yah?

      1. Mungkin saja, coba saja siapa tahu berhasil ;).

    Comments are closed.

    loading...