Suasana Paskah di Jerman

Iklan Dekorasi Paskah
loading...

Paskah adalah hari raya umat Kristiani yang paling signifikan. Ini memperingati kebangkitan Yesus, melambangkan kemenangan kehidupan atas kematian, keadilan atas ketidakadilan dan cinta atas kebencian.

Simbol yang paling kental untuk suasana Paskah di Jerman adalah Kelinci, Telur dan Coklat; terkadang ada juga dekorasi seperti domba, ayam berikut sarang dan telur-telur ayam. Sebulan sebelum paskah, pusat perbelanjaan mulai di ramaikan oleh hiasan-hiasan bernuasa yang saya sebutkan diatas.

Anak domba
Anak domba Paskah adalah simbol perdamaian dan kesucian. Menurut tradisi Yahudi kuno, domba dibantai di Paskah untuk memperingati pembebasan bangsa Israel kuno dari perbudakan di Mesir. Dalam Perjanjian Baru, Yesus disebut sebagai “anak domba”, yang telah mati bagi dosa-dosa manusia.

Kelinci
Referensi pertama ke Kelinci Paskah dapat ditemukan dalam literatur Protestan abad ke-17. Di beberapa daerah diketahui adalah rubah atau gagak yang mengantarkan telur, tetapi tradisi kelinci menang pada akhirnya. Kelinci selalu dikenal sebagai hewan yang sangat subur, yang – meskipun ketidaktelitian biologis dari perbandingan ini – terlihat sebagai penjelasan atas banyaknya telur yang dibawanya.

Telur
Menjelang Paskah selalu ada banyak telur dalam sangkar, karena umat Katolik tidak diizinkan untuk makan telur selama Masa Prapaskah. Sementara Protestan tidak berpartisipasi dalam puasa ini, mereka berpartisipasi dalam perayaan Paskah, yang secara tradisional menandai berakhirnya puasa. Perayaan termasuk persiapan dan konsumsi telur yang dicat warna-warni, merupakan simbol hidup baru dan kebangkitan Kristus.

Dua hari sebelum Paskah, diperingati sebagai “Jumat Agung”, nah ada satu yang lucu. Seringkali saya dengar istilah “Karfreitag“, bahkan ada seorang teman, mengajak saya pergi kesuatu tempat untuk makan dan memperingati hari tersebut. Saya mikirnya Ooo seperti yang sering di Jakarta ya „hari bebas kendaraan“, karena penggucapannya kar-frei-tag, persepsi saya: kar = kendaraan, free = bebas, tag = hari. Hahahah dodol pangkat seribu dah, ternyata Karfreitag artinya „hari Jumat Agung“!.

loading...

Berbagai coklat Paskah klik disini dan Hiasan (dekorasi) Paskah klik disini

If you put God first, everything good will follow. Have faith and you will definitely have a life that follows the light of the Lord. Happy “Easter” everyone

.

Iklan Dekorasi Paskah
Macam-macam Dekorasi Paskah
Silakan pilih Deko Paskah yang Anda sukai

Tulisan yang mungkin kalian tertarik membacanya:

loading...

Orang Jerman itu
Aturan Internetan di Jerman
Musim Dingin di Jerman
Kuliner Indonesia yang Nganggenin
Musim Panas Suka atau Tidak Terpaksa Dinikmati
Istilah Masakan Jerman – Indonesia
Kamar Mandi di Jerman

About these ads
loading...

2 thoughts on “Suasana Paskah di Jerman

  1. clararch02

    Bisa juga car-fry-tag ya Ka, hari goreng mobil dong, hahahaha

Comments are closed.