Horeee Visa Orangtua & Adikku disetujui

loading...

Terbukti benar, kalau sekarang pengurusan visa schengen lebih mudah dan tidak pakai ribet, asal semua syarat-syarat dipenuhi. Kalau dulu pengurusan visa schengen memakan waktu 12 hari kerja, maka per Januari 2012 pengurusan visa schengen hanya butuh 3 hari kerja.

Ceritanya orangtua dan adikku, Roy mengurus visa schengen tujuan Jerman. Sebulan sebelumnya suamiku membuat surat undangan istilah bahasa Jermannya verpflichtungserklarung dari kantor imigrasi Jerman (kami apply di Rathaus), kemudian booking penginapan tempat keluargaku akan tinggal selama di Jerman. Saya yang melakukan reservasi secara online untuk apply visanya. Untung masih ada hari dimana ada tiga jam berurutan yang kosong, jadi keluargaku bisa datang bersamaan ;-).

Konon rumornya pengurusan visa schengen itu susah dan ribet, banyak yang ditolak, apalagi yang paspornya masih polos, apalagi ibu rumah tangga yang tidak bisa bikin surat keterangan kerja. Ternyata semua itu tidak benar tuh: mama, ayah dan adikku paspornya masih kosong, polos belum ada satupun lembaran visa tertempel di paspor mereka.

Mereka menghadap ke kedutaan di hari senin 12 Maret 2012, barusan ini saya cek visa Jerman mereka (dari scan-annya) wah suprise banget pas lihat, ketiganya dikasih “Multipel entry” visa. Baru pertama kali ke Eropa mereka sudah dikasih “Multipel entry”, saya bilang deh ke adikku Roy, “eh bisa keluar masuk negara schengen tuh, kalau mau ke London (urus visa UK) trus masuk Jerman lagi atau negara-negara luar schengen lainnya“. Can’t wait to meet them! ;-).

Tulisan Terkini

loading...
loading...
About these ads

21 thoughts on “Horeee Visa Orangtua & Adikku disetujui

  1. yana

    Salam kenal buat smua tmn nya mbak nella. maaf mbak tlng saya di bantu informasi nya. saya thn di dpn mau ke belanda berlibur selama 3bln. ada saudara saya yg invite saya. jadi mslah yg itu saya ga binggung, dan juga alhamdulillah saya juga uda ada uang di tabungan sesuai syarat, juga saya uda ada passport. naah yg bikin saya pusing ga bisa tdr adem panas hahaha,,, mslah surat ijin cuti dari perusahaan , sedangkan saya krja ga ikut perusahaan gede, wirausaha tmn saya. jdi gmna tmn saya bisa nolong saya ngasi surat ijin cuti berlibur slma 3bln di belanda?? saya sngat mnta tlng bnget kepda teman2 yg tau mslah saya.

    1. Perusahaan besar dan kecil tidak masalah ko asal bisa membuat surat keterangan bekerja. Contoh surat keterangan kerja klik disini. Panduan untuk membuat visa schengen melalui kedubes Belanda klik disini.

      1. yana

        mbak Nella thanks ya info nya. maaf mbak saudara saya cuma pnya usaha kecil cetering, ya lumayan bnyak yg order. naah apa ya usaha cetering kecil gitu boleh ngasih ijin holiday 3bln ke LN ? apa yo percaya embassy belanda? maaf mbak kalo ga ada stamp nya cuma signature aja apa ya boleh? krna emng ini usaha cetering di kampong. bls ya mbak thanks.

        1. Hai Yana saya kurang tahu kalau untuk kasusmu ini 🙁 . Menurut saya kalau sudah ada undangan (sponsor) dari negara yang akan kamu kunjungi semoga lebih mudah ya.

  2. Dian VR

    Saya ibu rumah tangga yang hanya akan menjenguk anak yang baru kuliah di Jerman, dan tidak punya undangan dari siapa2 di Jerman. Tapi saya sdh beli tiket pp, booking hotel, tiket kereta dan rekening bank. Doain yaa semoga disetujui…

    1. Hai mbak Dian, sudah lengkap ko semua syaratnya semoga berhasil ya 😉 . Btw 1 lagi mbak asuransi perjalanan dibawa juga pas ke kedutaan.

      1. Dian VR

        Yup… sudah ajukan juga ke ACA travel insurance, tinggal ambil besok. Prosesnya cuma 1 hari. Makasih ya mb Nela… saya senang sekali baca blog mb Nela, sangat informatif. Apalagi saya baru pertama kali melepaskan anak ke negeri yang benar2 asing buat kami. Senang bisa kenal mb Nela walaupun di dunia maya saja. Semoga mb Nela dan keluarga sehat dan happy selalu. GBU.

  3. Ucok

    Horas!!! kak
    mau nanya ni, ketika adik dan keluarga megajukan permohonan visa, apakah pengganti dari surat keteranga kerja? maksud saya, yag mereka lampirkan hanya Verpflichtung, dll, tanpa surat keterangan kerja kah? Atau ada yang “spesial” sehingga kedutaan JErman bisa memprtimbangkan.
    saya dan teman ada rencana Herbst ini ke Jerman, tapi kami berdua tidak ada surat ketrangan kerja, sebab saya kerja freelance dan teman ku baru tamat sekolah.

    salam

    1. Horas Ucok, surat keterangan kerja merupakan keharusan, karena itu adalah salah satu syarat yang diminta kedutaan, kecuali ibu saya yang ibu rumah tangga, ya tidak bisa menyertakan surat tsb.

      Selain Verpflichtungserklarung, sertakan kopi surat tanda tamat belajar, surat keterangan kerja freelance juga, kopi tabungan orangtua (3 bulan terakhir), yang baru tamat sekolah buat surat kuasa kalau orangtua menjamin semua pengeluaran selama traveling. Ketika wawancara bilang kamu baru tamat sekolah, mau traveling lihat dunia luar cari pengalaman dan yakinkan petugasnya kalau kalian pasti kembali ke negara tercinta Indonesia. Sekarang urus visa gak ribet ko. Semoga berhasil ya!. :-).

  4. Dinar Susilawati

    haloo nela! happy baru bisa comment nihh. aku mau apply visa ke belanda dan situs nela banyak info menarik haha. salam kenal juga untuk wanita2 batak yang berani pursuing her big dream!

    1. Hai Dinar, salam kenal juga ya. Makasih sudah mampir ke blogku ;-).

  5. evi

    Selamat ya……
    aku ikut seneng lho…….

  6. Ola

    ‘nel, multiply visa itu engga termasuk England. Kita aja (pemegang paspor ijo) yang udah menetap disini harus bikin visa dulu ke Düsseldorf.

    1. Hai Ola, maksudku: kalau nantinya memang ada rencana ke London ya memang urus visa UK, nah setelah dari London kalau mau masuk Jerman lagi ya bisa karena visa Jermannya Multiple entry, kalau visa Jerman hanya single entry, begitu keluar Jerman tidak bisa masuk lagi. Beberapa kali ku baca pengalaman orang kebanyakan kedutaan kasih yang single entry aja, mungkin kedubes Jerman lagi berbaik hati ;-).

      1. Olä

        Kalau sudah menggunakan verpflichtungserklärung itu pasti dikasih Multiply kok. Btw, cepet banget hanya 2 minggu ya? Mudah-mudahan senang berkunjung ditanah Nomennsen ini 🙂

        1. Oo gitu, soalnya waktu aku ke Belanda sudah ada semacam verpflichtungserklärung cuma dikasih single entry. Iya 2 minggu saja karena masing2 ada kerjaan di Jakarta. Kalau orang2 Jerman yang kutemui tidak tahu loh siapa itu Nommensen 😀

  7. henni

    msh tgg guarantee letter yg ori nell,embassy mnt yg ori yg sdh di signed sm police setempat istilahnya surat sakti lah,doi uda krm via post xpress smg aja bsk or jumat plg lmbt sdh di tangan jd mgg dpn uda bs apply..
    pasti gw info nell klu sdh dpt visanya 🙂
    waaahhh spring di Jerman ok jg yah nell bwt bokap n nyokap,trus rencana mo kmn aja d Europe nell?

    1. Yang pasti baru mau ke Berlin aja Hen, kalau dekat tempat tinggalku paling ke Heidelberg lihat kastle, lainnya belum disusun daftar perjalanannya ;-).

  8. nelaaaa….congratz yahh, ahirnya..iih aku jd merinding pingin bgt suatu saat invite ortu ku juga deh, ngayal.com niy yeee…
    kapan brgkt nell?
    smg aja visa gw jg cpt klr yah nell 🙂

    1. Hai Hen, thanks ya. Pasti kau bisa deh, memang ngayal dulu ko, di kerjakan trus jadi kenyataan deh. Mereka brangkat 17 April bulan depan. Kabarin ya kalau visamu sudah keluar ;-).

Comments are closed.

loading...