Sumber Belajar Bahasa Jerman

Bahasa Jerman Penting dipelajari (Foto: gettyimages)
Bahasa Jerman Penting dipelajari (Foto: gettyimages)
loading...

Belajar bahasa Jerman, selain kursus integrasi yang saya ikuti selama tiga jam setiap hari Senin sampai Kamis, saya juga belajar dari beberapa sumber (kalau lagi mood hehehe) :

1. Website http://www.langenscheidt.de detailnya di http://www.langenscheidt-unterrichtsportal.de/berliner_platz_neu_1553.html disana ada pilihan „Lehren“ (pengajar) dan „Lernen“ (pelajar). di keduanya ada latihan-latihan bahasa Jerman mulai dari tingkat awal. Untuk latihan soalnya silakan klik http://xportal.langenscheidt.de/berlinerplatz Kita bisa langsung mendapat penilaian setelah mengerjakan latihan-latihannya. (Dikursus saya gunakan buku berlinerplatz1, baru tingkat awal, website tersebut di beritahukan guru kursus).

2. Website http://www.girls4teaching.com lihat bagian bawah ada pilihan Free German Video Lesson dan Free German Written Lesson, tinggal mana yang mau kamu pelajari, bahasa pengantarnya bahasa Inggris.

3. German.about.com http://german.about.com/od/vocabularytips/a/Learn-German-Greetings.htm pelajaran mulai tingkat dasar, Bahasa pengantarnya bahasa Inggris. Setelah selesai level satu tinggal klik level selanjutnya.

4. Deutschewelle klik http://www.dw.de/dw/0,,9677,00.html pelajaran mulai tingkat dasar, dilengkapi audio MP3 jadi kita bisa mendengar suaranya. Bahasa pengantarnya bahasa Inggris (saya baru temukan link tersebut Jumat lalu).

5. Kadang saya singgah ke blog http://syams.wordpress.com Walau blog tersebut tidak di update lagi sejak tahun 2006, namun isinya bagus sekali karena semua penjelasan dalam bahasa Indonesia.

Kursus Integrasi yang saya ikuti, adalah kewajiban bagi orang asing yang menetap di Jerman. Walau saya sudah pernah belajar di Goethe ketika di Indonesia selama satu tahun level A1.1-A.1.3, namun disini saya mengulang lagi dari awal, jadi lebih refresh dan enak mengikuti pelajarannya. Ketika di Goethe, sempat dua minggu tidak ikut kelas karena ke Swiss, jadi bingung ngikutin pelajarannya, nah ketika di Jerman baru benar-benar mudeng nih ngelanjutin ;-).

Kursus Integrasi yang harus diikuti sebanyak 600 Jam dan ada lagi beberapa jam kursus Politik (belum mulai). Biaya kursus hanya 1 Euro/jam, karena selebihnya di support pemerintah, enak ya ;-). Kursus dari level awal A.1. Nantinya ketika lulus akan mendapat sertifikat level B1. Dengan level tersebut paling tidak kita sudah bisa cas cis cus dalam bahasa Jerman.

Kenapa pemerintah Jerman, mengharuskan orang asing harus mengikuti kursus bahasa? Karena banyak .. banyak sekali orang asing (pendatang) berpuluh-puluh tahun menetap di Jerman tapi mereka tidak mau berbaur dengan masyarakat setempat dan tidak mau menggunakan atau belajar bahasa Jerman. Bukan mau rasis, ambil satu contoh orang-orang Turki, banyak sekali wanita Turki hanya tinggal di rumah dan bertugas mengurus rumah tangga dan menjaga anak, hanya mengetahui dua kata bahasa Jerman “Hallo dan auf wiedersehen” dan tidak belajar bahasa di mana mereka menetap.

loading...
loading...

Baca juga :
• Belajar Bahasa Jerman – Deutsch lernen
Belajar dan Ujian Bahasa Jerman
Karakter Khusus Bahasa Jerman
Banyak Makna “Bitte” (Bahasa Jerman)
Terima Kasih dalam Bahasa Jerman
Bahasa Jerman bermanfaat dipelajari, Mengapa?
101 Tips Kuliah ke Jerman
Orang Jerman itu ..

About these ads
loading...

5 thoughts on “Sumber Belajar Bahasa Jerman

  1. Mrs_Lair&Company

    Nice posting, Mbak 🙂
    Saya mau coba lihat2 website utk belajar bahasa Jermannya.
    Insya Allah bisa ingat lagi yg saya pelajari di Goethe many years ago.
    Senang juga dgn postingannya ttg berkebun. Bravo!

    1. Kalau mau belajar bahasa Jerman bisa coba dari Deutsche Welle http://www.dw.de/learn-german/s-2469 bayank pilihan lainnya bisa cari di google :).

      1. Mrs_Lair&Company

        Thanks, Mbak… Nanti saya coba dech 🙂

  2. Untuk sekolah master yang bahasa pengantarnya Jerman, mereka minta C1/ C2 Ka, huhuhu… kayanya aku harus kerja keras nih 🙁

    1. Iya males bangettt deh, lama! 🙁

Leave a Reply