Risoto Spesial Telur dan Ikan

loading...

Siang ini saya mencoba masak beras khas dari Italia, namanya Risoto. Resep bahasa Indonesia saya peroleh dari internet. Namun setelah resep saya tulis di selembar kertas kecil, lah kok bahan-bahannya malah tidak komplit ada di dapur saya. Nama resep masakannya, Risoto Daging Asap, tapi saya tidak punya dagingnya. Disuruh tambahkan wortel yang dipotong dadu, tapi kan suamiku paling anti wortel, kalau diparut sih ya bisa saja (contohnya seperti ketika saya membuat Bolu Wortel).

Berasnya dalam kemasan dus, produksi perusahaan yang namanya “Uncle Beans” satu dus berisi 1 kg. Sudah lama tuh beras berada didapur, karena saya tidak tahu bagaimana cara memasaknya (suami yang beli). Akhirnya siang ini si beras saya masak deh ;-).

Resepnya sebagai berikut:

Spesial Risoto Telur dan Ikan ala saya

• 170 gram beras Risoto (cukup untuk dua orang).
• 1 sdm Margarin.
• 1 Bawang Bombay, cincang halus.
• 2 Siung bawang putih, cincang halus.
• 3 Butir telur kocok lepas.
• Fillet ikan potong kotak.
• Keju Parut dua sendok makan (tergantung selera Anda).
• Garam, lada secukupnya.

Cara Membuat:
– Beras Risotto masak seperti beras biasa. Ketika hampir matang saya masukkan satu sendok makan butter dan keju parut.
– Lelehkan margarine tambah sedikit minyak kemudian masukkan fillet ikan, aduk-aduk hingga kecoklatan, masukkan bawang Bombay dan bawang putih tumis hingga harum. (Ikan dan bawang tidak saya masak terpisah supaya tidak mengotori dua penggorengan 😉 ).
– Setelah tumisan ikan dan bawang berbau harum, masukkan nasi risotto yang sudah matang, masukkan telur kocok, aduk-aduk hingga matang, diamkan kurang lebih 2-3 menit di penggorengan.

Risotto adalah hidangan khas Italia yang didasarkan pada beras. Awalnya berasal dari Piedmont, di mana beras ini umumnya tumbuh. Risotto adalah masakan yang sangat penting di Milan. Bahan-bahan umum resep dasar biasannya menggunakan anggur putih, dan bawang.

Varietas padi Italia umumnya memiliki butiran besar, kaya pati dan menyerap cukup banyak cairan ketika dimasak. Kalau beras Risotto ini bentuknya bulat pendek, menyerap air sangat banyak dan lengket, jadi memasaknya mirip ketika kita membuat bubur. Risotto adalah hidangan yang sangat sederhana dan bergizi, dan mudah disiapkan.

Komentar suami saya : ”… enakkk bangettt bikin lagi dong!”. Saya jawab : “..Oke deh besok-besok ya, karena saya mau coba resep yang lain dulu nih” ;-).

This slideshow requires JavaScript.

Sumber: de.wikipedia.org dan pengalaman penulis.

loading...

 

Daftar Food & Cooking lainnya silakan disini.

 

loading...

Tulisan Terkini

About these ads
loading...

6 thoughts on “Risoto Spesial Telur dan Ikan

  1. henni

    nell, tmn kantor gw “Antik” bgt gw salut sm dia di jaman gini msh ada org primordialisme kaya dia, hehehe…mksd nya sangat Batak sekali dia hapal loh lagu2 batak..
    gw uda lama baru liat blog lo lagi, uda ganti sampul…rasa beras nya sama tdk nell dgn beras cianjur?hehehe…suka kangen ga?

    1. Hai Hen, kalau lagu Batak jaman dulu gw msh agak2 tahulah :D, kadang gw liat di youtube lagu2 Batak. Yoi baru ganti sampul. Berasnya enak sih cuma muahal 1 kg Rp.36.000

  2. Wah, deine Mann orang Jerman? Kereeeenn Ka… Tulisanku tentang pernikahan Batak itu pas lagi awal2 belajar bahasa Jerman, ada versi lengkapnya tapi bahasa Indonesia. Kakak ada rencana nikah adat ya? Aku punya teman orang Jerman, dia senang sekali belajar adat, hehehe…

    1. Hai Clara, iya suamiku orang Jerman, bahasa Jermanku masih cetek level anak TK hehehe, makanya senang semalam pas baca tulisanmu. Belum kepikiran mau buat pesta Adat Batak ribet. Aku kadang suka baca-baca artikel tentang adat Batak, lagu Batak di youtube pokoknya segala hal tentang Batak ;-).

  3. heni

    bears nya gede2 yah Nell..hmmm sepertinya lezaattt bgt deh 🙂
    selamat makan….!

    1. Hai Hen, iya bulat besar, besok daku mau masak Risotto lagi nih ;-).

Leave a Reply