Tips Aman Ber-Sosial Media

Blog + Social Media (Foto: gettyimages)
loading...

Blog + Social Media (Foto: gettyimages)
Melanjutkan tulisan saya sebelumnya Hati – Hati Upload Foto Pribadi di Media Sosial, disini saya mencoba memberikan beberapa tips menurut saya pribadi :

Tips Aman Ber-Sosial Media

• Kenali semua teman-teman di media sosial semacam Facebook, Twitter, myspace dan lainnya. Anda termasuk orang yang bermurah hati, menerima siapapun menjadi teman Anda di media sosial hingga jumlah teman Anda mencapai ribuan, sebaiknya buat folder-folder khusus dimana Anda memisahkan antara teman dekat yang Anda kenal dengan baik dan teman yang hanya Anda kenal secara online.

• Maksud no. 1 diatas adalah ketika Anda posting status atau upload foto-foto maka orang-orang yang telah Anda kenal dengan baiklah yang bisa melihat album foto Anda, untuk hal ini Anda bisa atur setting-an-nya di media sosial tersebut. Kalau di Facebook http://www.facebook.com/settings/?tab=privacy&ref=mb

• JANGAN upload foto-foto pribadi dengan busanan minim semacam bikini, kita (Indonesia) masih menganut budaya timur, sopanlah berpakaian, kecuali kalau Anda siap foto Anda menjadi bahan gosip atau olok-olok teman-teman Anda. Mungkin banyak dari Anda yang menikah dengan orang asing dan tinggal di luar Indonesia dan mengikuti cara berpakaian dimana Anda tinggal. Menurut saya tidak ada salahnya kita berpakaian minim, namun kalau saya pribadi akan berpikir ulang untuk meng-upload foto semacam itu ke media sosial dimana sebagian besar adalah teman-teman dari Asia.

• Apakah account Anda terbuka (bisa terbaca) umum?, sebaiknya atur setinggan-an-nya supaya HANYA teman Anda yang bisa melihat FB Anda, kecuali kalau Anda artis atau orang penting yang butuh publikasi.
• Jangan membuat status-status yang beresiko, contohnya : “Tidak ada di rumah, sekarang berangkat kerja” atau rumah kosong, home alone“. Hal ini bisa dapat mengundang pencuri atau orang berniat buruk.

• Jangan sering-sering update status atau memberikan komen ke teman ketika Anda bekerja di kantor, apalagi kalau atasan atau manager Anda menjadi salah satu teman di media sosial yang Anda ikuti, alih-alih atasan kita mengira kita tidak bekera dengan baik.

• Jangan membuat status mengenai perusahaan atau orang-orang penting, atau atasan Anda, bahkan kompetitor perusahaan Anda, sekalipun mungkin Anda sedang kesal dengan mereka, lebih baik datangi langsung yang bersangkutan. Jangan membuat semua teman Anda di media sosial mengetahui masalah Anda dan Anda menjadi bahan gosip atau olok-olok.

• Jika Anda mempunya online album semacam photobucket, Flickr dan lainnya, sebaiknya kunci albumnya menjadi “private“ artinya hanya Anda yang bisa melihat isi album tersebut

• Dari sekian ratus teman Anda di media sosial, pasti setidaknya ada satu atau dua yang tidak suka dengan Anda, jangan memancing pertengkaran di dinding media sosial apalagi yang bisa dibaca semua teman-teman Anda.
• Kalau ada yang mau disampaikan ke salah satu teman, lebih baik gunakan japri (jalur pribadi) kecuali kalau Anda mau pesan Anda dibaca semua teman-teman Anda.

• Kalau sedang emosi lebih baik “segera jauhi media sosial!“ Jangan membuat status yang bisa menjadi bahan gosip atau olok-olok teman-teman Anda

loading...

Selamat bersosial Media!.

loading...

Tulisan Terkini:

About these ads
loading...