Goslar Kota Abad Pertengahan di Jerman

loading...

Goslar adalah kota di negara bagian Niedersachsen. Sejak 1992 menjadi salah satu warisan budaya dunia UNESCO, dua pertiga bangunan kota menjadi bangunan cagar budaya. Brusttuch, rumah pemuka kota yang dibangun tahun 1521 kini menjadi hotel kecil.

Christoph Jarzebski merestorasi sisi luar bangunan yang terbuat dari kayu dan ia bangga dapat ambil bagian proyek tersebut. Sekitar 5 juta pengunjung setiap tahun datang ke Goslar, banyak juga yang memandangi hotel Brusttuch.

Kota ini dikenal dengan Fachwerkhaus yakni rumah-rumah dari masa abad pertengahan, dan kini ada sekitar 150 Fachwerkhaus dilahan 1 KM persegi, hampir separuhnya berumur lebih dari 400 tahun. Perkembangan Goslar didorong temuan biji besi yang ditemukan di Ramesberg sekitar 2 KM dari Goslar.

loading...

Bekas tambang sepanjang 1KM itu kini menjadi museum dan juga warisan budaya dunia. Mineral-mineral berwarna-warni menunjukkan betapa kayanya bekas pertambangan itu.

Di Goslar ada juga yang modern, yakni museum “Monche Haus”. Kota Goslar bisa dibilang hidup dari sejarah masa lalu. Sejak tahun 2004 ada lagi bir asli Goslar yakni “Gose” menjadi produk ekspor yang dijual langsung dari gentong dan botol, permintaan datang dari Jerman dan juga dari luar negeri.

Goslar menjaga warisan budayanya dan menarik jutaan pengunjung setiap tahun.

Sumber: deutsche welle

loading...

Tulisan Terkini

About these ads
loading...