Gerimis, hujan deras, angin badai. Bosan ah, kapan dong saljunya??

loading...

Sejak awal desember 2011, bulan lalu hingga hari ini 5 Januari 2012, tiada hari tanpa gerimis dan angin kencang. Berharap “white christmas” ternyata tidak kesampean. Saljunya hanya datang 3 hari saja! yang paling tebal salju di tanggal 20 desember 2011, diluar itu setiap hari hanya gerimis dan angin kencang yang dinginnya menusuk tulang-tulang, hiks!.

Sejak semalam hingga sore ini angin bertiup sangat amat kencang, rolling door jendela terpaksa diturunkan (ditutup) karena hujan anginnya sangat parah, mengotori jendela-jendela (saya malas membersihkannya, belum ada waktu he-he-he).

Jam 3 sore lewat 5 menit, sudah tidak terdengar lagi suara ribut-ribut karena angin dan hujan, saya coba naikkan rolling door jendela, supaya matahari menerangi dalam rumah. Eeiittss!!! Apa ya tuh di halaman depan, warna putih bening, bulat-bulat, ahhh masah sih sinterklas datang taburin berlian di taman saya? Ha-ha-ha (Hiperbola!):D.

Saya coba mendekati …

Ooo Ternyata tadi itu, suara gemuruh hujan es toh. Lembaga cuaca Amerika Serikat menyebut fenomena ini sebagai Ice pellets. Hujan es atau Ice pellets terjadi karena curah hujan yang terdiri dari hujan dan salju sebagian meleleh. Curah hujan ini dapat terjadi di mana suhu di bagian bawah atmosfer sedikit di atas titik beku (0 ° C atau 32 ° F).

Es pelet (juga disebut hujan es) adalah bentuk curah hujan yang terdiri dari bola kecil tembus pandang. Es pelet biasanya lebih kecil daripada batu. sering bouncing ketika jatuh ke tanah, dan umumnya tidak membeku kecuali dicampur dengan pembekuan hujan. Kode METAR untuk es pelet adalah PL.

loading...

Sumber:
– en.wikipedia.org http://en.wikipedia.org/wiki/Ice_pellets
– Foto dan video dok. pribadi

loading...
About these ads
loading...

Leave a Reply