Natal Pertamaku di Jerman

loading...

Saya mengetahui kalau Natal sudah lewat, namun rasannya ko sayang kalau foto-foto yang saya miliki hanya tersimpan di laptop saja, oleh karena itu izinkan saya untuk bercerita mengenai Natal pertama saya jauh dari tanah air.

Apa sih yang menarik ketika Natal menjelang? Natal dan Tahun baru merupakan salah satu ajang bagi para pebisnis, sejak awal November berbagai pusat perbelanjaan mulai sibuk menarik sebanyak mungkin orang untuk menggunakan uangnya alias berbelanja, lalu macam-macam kue-kue dengan bentuk bertema Natal, masakan khas Natal, pohon Natal (pohon cemara) mau yang asli atau tiruan tergantung selera Anda, kemudian pohon natal dihias semenarik mungkin, aneka lampu hias yang menghiasi pohon Natal, pusat kota, rumah-rumah termasuk lampu hias di jalan-jalan menambah semarak bulan desember ini.

Namun semua yang saya sebutkan diatas janganlah menjadi tujuan utama kita, Natal adalah saat kita merenung, sudahkah kita melakukan yang terbaik bagi sang Juruselamat, sudahkah kita instropeksi apakah hidup kita sudah berkenan dihadapan-NYA?.

Tahun ini adalah Natal pertama saya jauh dari tanah air, saya ingin menceritakan bagaimana suasana Natal di Jerman tempat saya bermukim kini.

1. Weinachtmarkt (christmas market) ini adalah pasar malam yang diadakan diberbagai kota di belahan dunia Eropa, pasar malam sangat menarik untuk dikunjungi, kalau saya tujuan pentingnya adalah melihat suasananya, melihat tenda-tenda para pedagang yang dihias dengan lampu-lampu yang berwarna-warni, melihat orang-orang yang ramai dengan busana-busana yang mereka kenakan, umumnya sih busana ya untuk musim dingin. Melihat macam kue-kue khas natal, ornamen-ornamen khas natal, dan juga glühwein sayang untuk dilewatkan. Glühwein adalah wine tapi harus dihangatkan dulu sebelum diminum.

Foto-foto ketika saya mengunjungi salah satu christmas market di Bad Wimpfen pada 26 Nov 2011. Klik link disamping ini: Christmas Market di Bad Wimpfen pada 26 Nov 2011.

2. Dekorasi lampu hias ketika malam hari

Dekorasi Natal lengkap dengan lampu penuh warna yang menambah kental suasana Natal di Eropa

Video lampu hias lainnya, klik disini

3. Dekorasi pohon Natal

Saya sendiri belum memiliki pohon Natal, kadang numpang mejeng saja pas ketemu pohon natal hehehe, klik disini untuk dekorasi pohon natal

4. Makanan dan kue-kue khas Natal

Awal Desember saya sangat bersemangat membuat kue-kue, seperti Almond Crescents, Cheese Sticks dan cheese snacks dengan selai strawberry, belum hari H (natal) sudah habis he-he-he karena malas bikin lagi jadi beli saja, banyak pilihan di supermarket 🙂 .

Foto klik link disamping ini : Christmas Food 2011

5. Hadiah-hadiah Natal

Suami saya seorang perawat, selama dua minggu menjelang natal hampir tiap hari dia mendapat hadiah-hadiah kecil dari pasien-pasien yang dikunjunginya. Sayapun dapat hadiah istimewa dari ayah mertua berupa panci-panci, hadiah dari suami seperti yang saya inginkan yakni bibit bunga, pot-pot bunga semua untuk berkebun.

Foto klik link disamping ini : Christmas Presents 2011

6. Ibadah Malam Natal

Malam Natal saya beribadah ke Bergkirche di Heinsheim, hanya 10 menit naik mobil, gereja kecil ini terletak diatas gunung, dekat kastle Ehrenberg. Gereja ini berumur sekian ratus tahun. Pertama kali ke gereja ini ketika ada konser Natal 18 desember 2011, banyak sekali yang hadir ketika konser, tempat parkir penuh, bangku-bangku gerejapun terisi penuh hingga ke lantai atas. Namun ketika malam Natal yang hadir ada sekitar 25 orang, ibadah malam Natal berlangsung satu jam. Sama seperti yang lalu-lalu, ketika menyanyi pasti saya selalu ketinggalan he-he-he karena semua lagu dalam bahasa Jerman, sayapun kadang tengok kanan kiri sambil mendengar apakah teks saya ketinggalan atau tidak.

Oh ya menurut suami saya dulu didalam gereja ini sangat amat dingin, ya karena letaknya diatas gunung, kemudian pas musim juga toh. Tapi ketika saya ke sana, bangku gerejanya hangat, sayapun heran sambil tengok kebawah bangku, kebelakang liat kiri kanan bagaimana bangku kayu ini bisa jadi hangat sekali. Ketika malam Natal, akhirnya saya temukan kabel menuju bangku kayunya, kabelnya seperti kabel gas, penghangatnya mungkin menggunakan gas.

Saya sempat mengabadikan beberapa gambar dalam gereja, ketika konser Natal dan ibadah malam Natal.

Foto klik link disamping ini : Malam Natal di Bergkirche Heinsheim.

Video gerejanya saya temukan di youtube

7. Salju

Suasana lebih syahdu dengan musim dingin bersalju, namun desember ini salju hanya turun 3 hari, dan hanya satu hari saja dimana salju turun dengan lebat dari pagi hingga malam, yakni di tanggal 20 desember, diluar tanggal tersebut, kami hanya merasakan angin kencang yang menusuk tulang, udara dingin membuat banyak orang-orang disini menjadi sakit seperti batuk pilek, sebentar sembuh, sebentar kambuh lagi, begitulah terus menerus, Puji Tuhan selama hampir enam bulan saya disini belum pernah merasakan keluhan sakit apapun. Oh ya kemungkinan salju akan turun lagi di Jerman awal Januari nanti hingga Februari 2012.

Foto klik link disamping ini : Let it snow 2011

loading...

Frohe Weihnachten 2011! 🙂 .

Catatan : Tulisan ini juga saya posting di http://www.kompasiana.com

Artikel terkait:
5 Bunga Penyemarak Suasana Natal di Jerman
Ucapan Selamat Natal & Tahun Baru dalam Bahasa Jerman
Random dibuang Sayang (Edisi Natal)
Pasar Natal di Kota Tua Bad Wimpfen
Berkebun di Musim Dingin

loading...
About these ads

Leave a Reply

loading...