Mengajukan visa Bekerja dan Berlibur (Work and Holiday) ke Australia

Apply Schengen Visa (Foto: gettyimages)
loading...

Mengajukan visa Bekerja dan Berlibur (Work and Holiday) ke Australia. Beberapa waktu lalu saya sempat bantu jawab pertanyaan seseorang di milis, pertanyaannya adalah bagaimana mengurus “Working Holiday Visa” ke Australia. Sebenarnya istilah yang tepat untuk warga Indonesia yang ingin mendapatkan visa ini, namanya adalah “Work and Holiday Visa” (Visa Bekerja dan Berlibur).

Anda pasti kira ahhh sama saja toh! Eitt tunggu dulu, istilahnya memang mirip namun tidak sama. Jadi ada 2 (dua) jenis kategori, pertama adalah WORKING HOLIDAY VISA (subclass 417, berlaku untuk warganegara Eropa). Kedua adalah Work and Holiday Visa (subclass 462, berlaku untuk Negara Bangladesh, Chile, Indonesia, Malaysia, Thailand, Turki dan Amerika).
Perbedaan kedua jenis visa ini : WORKING HOLIDAY VISA bisa diperpanjang ke tahun kedua, sedangkan Work and Holiday Visa (yang bisa untuk WNI) berlaku maksimum satu tahun.

Visa ini diberikan bagi mereka yang berusia 18 tahun sampai 30 tahun (pada saat pengajuan visa). Mungkin belum banyak yang mengetahui informasi ini dan memanfaatkannya. Menurut Ditjen Imigrasi, seperti dilansir di websitenya, mengatakan : Perjanjian mengenai “Visa Bekerja dan Berlibur” telah ditandatangani oleh pihak Australia dan Indonesia, dimana permohonan visa telah diterima sejak 1 Juli 2009. Visa Bekerja dan Berlibur diperuntukkan bagi Warga Negara Australia untuk mengunjungi Indonesia dan Warga Negara Indonesia untuk mengunjungi Australia.

Work and Holiday Visa merupakan Visa Turis yang memperbolehkan si pemegang visa untuk bekerja, dengan syarat bekerja di suatu perusahaan atau pemberi kerja dengan jangka waktu maksimal HANYA untuk 6 (enam) bulan.

Menurut Sigit Adinugroho dari ranselkecil.com  jenis pekerjaan bagi pemegang Work and Holiday Visa  bukanlah pekerjaan yang menimbulkan pajak (sektor informal), berbasis kontrak dan jangka pendek. Kemampuan/keterampilan yang dibutuhkan juga cukup sederhana, seperti memetik buah-buahan, menggarap lahan, mengupas buah, bertukang, menjadi pelayan restoran, memasak, dan mengajar. Namun tentu saja tidak menutup kemungkinan untuk jenis-jenis pekerjaan lain yang lebih membutuhkan keterampilan tinggi seperti fotografi, menulis, desain web, dan lain sebagainya.

Untuk singkatnya, persyaratan bagi pemohon Work and Holiday Visa :

  • Berusia antara delapan belas (18) sampai dengan tiga puluh (30) tahun (termasuk berusia 18 dan 30) pada saat mengajukan permohonan visa.
  • Memiliki kualifikasi pendidikan, atau telah menyelesaikan setidak-tidaknya dua tahun pendidikan perguruan tinggi.
  • Mengajukan permohonan di negara asal (Indonesia atau Australia).
  • Memiliki tingkat kemahiran berbahasa Inggris, yang sekurang-kurangnya tingkat fungsional dalam tes bahasa.
  • Tidak memiliki anak-anak dibawah umur yang akan pergi dengan pemohon ( anak-anak dibawah umur tidak diperbolehkan untuk disertakan sebagai anggota keluarga dalam permohonan visa orang tuanya).
  • Belum pernah mengikuti program Bekerja dan Berlibur sebelumnya.
  • Memiliki dana yang layak untuk membiayai keperluan pribadi selama tiga bulan pertama – kurang lebih sebesar lima ribu (5000) dollar Australia.
  •  Berbadan sehat dan berkelakuan baik.
  •  Menyertakan surat dari badan pemerintah yang relevan yang menyatakan bahwa pemohon telah memenuhi semua persyaratan

Dokumen-dokumen yang harus dilampirkan dengan aplikasi visa :

  • Formulir aplikasi (Formulir 1208). HARUS diisi lengkap dan ditanda tangan. Untuk Formulir klik disini
  •  Paspor yang masih berlaku paling tidak 12 bulan dan pasport lama juga disertakan.
  •  1 lembar foto anda ukuran foto paspor yang terbaru.
  •  Mempunyai bukti keuangan yang cukup, paling tidak AUD $5000 untuk memberikan dukungan awal dari liburan Anda. Jumlah ini bervariasi tergantung dari apakah anda bisa menunjukkan tiket pesawat pulang-pergi, lama tinggal dan tujuan dari keberangkatan Anda. Bukti yang dapat anda lampirkan adalah rekening koran yang sudah di legalisir.
  • Bukti anda mempunya kualifikasi ketiga, atau anda sudah menyelesaikan paling tidak 2 tahun dari pendidikan universitas anda. Persyaratan klik disini
  • Bukti Anda mempunya kemampuan bahasa Inggris yang baik yang dinilai dari test bahasa Inggris. Persyaratan klik disini
  •  Melakukan test rontgen di salah satu panel radiologist. Mereka akan mengirimkan hasilnya langsung ke bagian Imigrasi. Formulir rontgen klik disini
  • Surat dari pemerintah (Imigrasi ) yang memberikan dukungan.

Detail kontak:

Direktorat Lintas Batas dan Kerjasama Luar Negeri. Phone: 021-5225033
• Bpk Bona Roy Simanungkalit. Email: boysing13@yahoo.com
 • Ibu Novi Eka Fitri.  Email: n_ekafitri@yahoo.co.id
 • Bpk Johan Tirta Ginting.  Ph: +6281280803141, Email: ginting.johan@yahoo.com
 • Bpk M. Angga Kurniawan.  Ph: +6285691612838, Email: m_anggaahmad@yahoo.com 
 • Fax: +62215225033

Alamat pengiriman:

Direktorat Lintas Batas & Kerja Sama Luar Negeri
Direktorat Jenderal Imigrasi
Jl. H.R Rasuna Said Kav. 8-9
Kuningan, Jakarta Selatan 12940
 
*Harap dicatat bahwa surat dukungan tidak memberikan garansi bahwa Anda akan mendapatkan visa. Tetapi surat ini adalah salah satu persyaratan aplikasi Anda.

Pengurusan Visa ke Australia di tangani oleh Pusat Permohonan Visa Australia (AVAC) silakan datangi kantornya atau menghubungi melalui telepon.

AVAC Jakarta
Plaza ASIA, Lt. 22, Zone C
Jalan Jendral Sudirman Kav 59
Jakarta 12190
Telp: +62 21 51401590/91
AVAC Bali
Perkantoran Grand Sudirman Agung Blok B-28
Jalan PB Sudirman
Denpasar, Bali 80114
Telp: +62 361 241078
Lengkapnya klik vfs-au-id.com/contactus 

Setiap tahun tersedia 100 visa Bekerja dan Berlibur yang akan diberikan bagi pemohon berkewarganegaraan Indonesia. Jadi ayo liburan sambil bekerja atau bekerja sambil liburan? Terserah Anda saja :).

Sumber:

loading...

Tulisan Terkini:

loading...
About these ads
loading...