Brezeln, salah satu kesukaan saya di Jerman

Brezel
loading...

Brezel (English dan di Indonesiakan menjadi Pretzel), adalah salah satu kue (roti) yang menjadi kesukaan saya disini (Jerman). Kue ini berupa tiga simpul atau belitan. Rasanya asin dan sedikit manis. Brezel ada yang lunak dan ada pula yang keras. Pernah coba beli di Perancis, saya tidak suka rasa dan teksturnya (lebih keras), menurut saya lebih enak yang buatan Jerman ;-).

Ketika awal-awal saya makan begitu saja, tanpa tambahan apapun. Kemudian coba di olesi butter dibagian dalamnya, enak euy! Apalagi kalau kita makan pas hangat, tambah mantap !. Adonan brezel dibuat dari tepung terigu, air, gula, dan ragi, dan ditaburi dengan garam kasar. Kadang kalau terlalu banyak butiran garamnya, saya kopek-kopek (buang) butiran garamnya. Kalau mau panggang sendiri bisa beli yang masih mentah di supermarket, jadi kapan kita pengen baru deh masukin oven ;-).

Sumber-sumber memberikan informasi yang berbeda untuk waktu dan tempat asli dimana Brezel diciptakan. The History of Science and Technology, oleh Bryan Bunch dan Alexander Hellemans, mengklaim bahwa di tahun 610 setelah Kristus. seorang pendeta dari Italia menemukan pretzel sebagai hadiah untuk anak-anak yang belajar berdoa. Dia menyebutnya garis dari adonan yang dibakar, dilipat supaya menyerupai lengan-lengan yang bersilangan di dada, ‘pretiola‘ (“hadiah kecil“). Bagaimanapun, tidak ada sumber yang mengacu kembali ke detail ini.

Brezel roti populer di Jerman Selatan dan wilayah perbatasan berbahasa Jerman.

loading...

Ciri khas brezel biasanya dilapisi dengan kilapan dan digarami (butiran kasar)

Umumnya warnanya coklat gelap. Brezel telah menjadi bagian integral dari tradisi baking Jerman selama berabad-abad. Hampir setiap daerah dan kota bahkan memiliki cara sendiri untuk memanggang brezel. Nama brezel pun berbeda dalam berbagai dialek Jerman antara lain Brezn, Bretzel, Brezzl, Brezgen, Bretzga, Bretzet, Bretschl, Kringel, Silserli dan Sülzerli.

Karena sering mencoba kue-kue (pastry) dari beberapa toko roti (bäckerei) saya jadi menemukan brezel dengan beberapa tipe, tidak melulu asin (ciri khasnya / aslinya).

Mandelbrezel, ini adalah jenis brezel yang manis, diatasnya ditaburi potongan almond dan gula halus, rasanya mantap!

Kemarin baru ketemu bentuk lain lagi, di toko roti yang baru kami kunjungi, Puddingbrezel namanya, yummi! Sesuai namanya, maka dibagian tengah yang berwana kuning tersebut adalah pudding. Brezel ini termasuk yang rasanya manis.

Diolah dari berbagai sumber salah satunya wikipedia dan juga pengalaman penulis.

 

loading...

Tulisan Terkini

About these ads
loading...