Nge-teh yuk!

loading...

Minum Teh Baik untuk Menjaga Kesehatan
Saya jarang-jarang minum teh, namun hari ini sedang kangen harumnya teh asli Indonesia. Saya lebih suka teh yang bubuk, bukan dalam bentuk kantong celup, menurut saya yang bubuk atau daun kering, harumnya lebih bertahan lama. Teh sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup rapat, supaya kualitas dan harumnya teh tetap terjaga.

Saya masih punya  12 bungkus (kecil) teh dari Indonesia, bawa saringan tehnya dari Indonesia. Walau kadang memang agak ribet ya kalau buat teh non celup, harus di seduh dulu dengan air panas, tunggu beberapa saat, lalu disaring, dikasih gula, baru di seruput slurrrppp. Namun disitulah asyik dan seninya ;-).

Kali ini gula yang saya gunakan adalah brown sugar yang ada stick kayunya (bisa buat ngaduk juga kan ), kadang kalau tidak suka pakai gula, ya saya gunakan madu.

Para ahli dari Singapura melaporkan bahwa minuman dari pucuk daun teh alami ini juga sangat bermanfaat bagi otak yakni dapat memperlambat proses degenerasi sel-sel serta menjaga pikiran Anda tetap tajam menjelang usia senja.

Professor Ng Tze Pin dari Departemen Kedokteran Psikologi Universitas Nasional Singapura, seperti dilaporkan The Sunday Times telah merampungkan penelitian selama empat tahun untuk mengungkap manfaat dan kebaikan teh bagi otak.

Bersama timnya, Ng menemukan bahwa senyawa alami dalam teh yang disebut catechins, dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat  akumulasi protein yang berlangsung selama bertahun-tahun. Dampak proteksi yang dihasilkan dari kebisaaan meminum teh ini diyakini mampu memelihara kemampuan kognitif otak.

Peneliti menambahkan, kandungan kafein dalam teh, tidak seperti dalam kopi, mengandung sejenis protein alami yang disebut theanine.  Zat in dapat meredam efek samping yang normal dari kafein seperti peningkatan tensi darah, sakit kepala dan kelelahan.

Dr Mahmoud Zureik dan koleganya dari Riset Medis Institut Nasional Prancis, melaporkan temuan bahwa wanita dewasa yang meminum teh akan memperoleh proteksi dari risiko pembentukan plak dalam pembuluh arteri pada leher, sehingga kecil kemungkinannya mengidap penyakit stroke dan jantung.

 

Sumber:

nasional.kompas.com/teh.juga.baik.untuk.sel.otak

nasional.kompas.com/ Teh.Cegah.Plak.di.Pembuluh.Darah

 

loading...

Tulisan Terkini

loading...
About these ads
loading...