Proses Pengajuan Long Stay Visa ke Swiss (visa D)

loading...

Seperti judul diatas, maka tulisan saya disini khusus membahas mengenai “Pengajuan Long Stay Visa di Swiss“, kalau Anda ingin mengunjungi Swiss dalam rangka jalan-jalan, bisnis atau untuk masa tinggal maksimal 90 hari, maka yang Anda perlukan adalah Visa Schengen untuk kunjungan Singkat, bisa lihat panduan pengajuan visanya klik disini.

Yang dimaksud Long Stay Visa adalah Visa untuk masa tinggal lebih dari 90 hari. Yang membutuhkannya seperti pelajar/mahasiswa, yang akan bekerja di Swiss (penugasan) dan termasuk seperti saya, yakni menikah di Swiss dan tinggal di Swiss (tapi sekarang sih sudah menetap di Jerman).

Dokumen yang diperlukan :
• 3 (tiga) rangkap *Formulir Visumantrag für die Schweiz, harus diisi lengkap dan ditandatangani. Formulir tersebut dapat diperoleh di Kedutaan, diakses dari Website www.eda.admin.ch/jakarta dalam bentuk PDF-file, atau silakan klik –> http://www.bfm.admin.ch/content/dam/data/migration/einreise/visumantragsformulare/visumantrag-visumd-en-de.pdf

loading...

*Formulir Visumantrag für die Schweiz, daripada ditulis tangan rangkap tiga, saran saya isi form dari link tersebut diatas, lalu print out dan kopi dua kali atau bisa saja Anda print out tiga kali supaya hasilnya bagus.

• 3 (tiga) lembar foto terbaru ( ukuran 4 x 6 cm ).

Perhatikan persyaratan foto, yakni close-up, proporsi wajah 70-80% dari gambar, latar belakang warna netral (putih), untuk detailnya silakan klik http://www.eda.admin.ch/etc/medialib/downloads/edactr/idn.Par.0047.File.tmp/Schengen_Photo%20requirements.pdf

• Paspor asli
• 3 (tiga) lembar Foto copy paspor warga negara Indonesia
• 3 (tiga) lembar Foto copy paspor (sponsor/penjamin) warga negara Swiss atau izin tinggal di Swiss

• Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dengan masa berlaku minimum 6 bulan, yang sudah dilegalisir oleh dephumkam dan Kementrian Luar Negeri.
• Biaya pengurusan visa Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah) *bisa berubah sewaktu-waktu

Berkas permohonan visa akan diteruskan ke Kantor Wilayah setempat di Swiss untuk diproses. Hasil keputusannya akan dikirim ke kedutaan Swiss Jakarta dalam jangka waktu 10-12 minggu, bisa saja lebih lama tergantung apakah prosesnya lancar di Swiss.

Sebaiknya setelah 10 minggu Anda menanyakan hasilnya ke kedutaan Swiss Jakarta melalui email, siapa tahu visa Anda selesai lebih cepat.

Pada saat saya mengajukan permohonan Long Stay Visa, saya juga melakukan permohonan untuk melakukan pernikahan di Swiss (ceritanya klik disini).

Informasi lainnya Anda bisa lihat di website kedubes Swiss http://www.eda.admin.ch/eda/en/home/reps/asia/vidn/embjar.html

Alamat
Embassy of Switzerland

loading...

Jl.H.R. Rasuna Said
Blok X 3/2, Kuningan
Jakarta-Selatan 12950
Indonesia
Tel.: +62 21 525 60 61
+62 21 520 74 51
Fax: +62 21 520 22 89
E-Mail : jak.vertretung@eda.admin.ch
Website : http://www.eda.admin.ch/eda/en/home/reps/asia/vidn/embjar.html

Tulisan Terkini:

About these ads

0 thoughts on “Proses Pengajuan Long Stay Visa ke Swiss (visa D)

  1. […] Immatrikulationsbescheinigung dokumen ini diterbitkan oleh kedutaan dengan dikenakan biaya). Klik disini untuk berkas tersebut. • Paspor […]

Leave a Reply

loading...