Jungfraujoch, Mt. Pilatus, dan Mt. Titlis Swiss

Depan Sekolahan Zweisimmen, Switzerland
loading...

Jungfraujoch, Mt. Pilatus, dan Mt. Titlis Swiss Berikut ini adalah pengalaman sdr. Stefanus A Wartono mengunjungi Jungfraujoch, Mt. Pilatus, dan Mt. Titlis yang berlokasi di Swiss. Informasi ini sangat berguna bagi saya walaupun sudah pernah beberapa waktu tinggal di Swiss, namun belum kesampean mengunjungi 3 lokasi tersebut diatas.

Depan Sekolahan Zweisimmen, Switzerland
Depan Sekolahan Zweisimmen, Switzerland

Berbekal pengalaman sdr. Stefanus A Wartono semoga suami tercinta nantinya mau menemani saya melakukan perjalanan ke lokasi top of Europe ;-).

 

Mulai ..

Jungfraujoch berlokasi di kota Interlaken, sedangkan Mt. Pilatus berada di kota Luzern. Mt. Titlis dicapai dari kota Engelberg yang hanya 50 menit dengan kereta api dari kota Luzern. Tiga lokasi tersebut dapat dinikmati dalam waktu 3 hari, kalau sekedar “mampir” bisa dipadatkan menjadi 2 hari tetapi ya sayaaang karena biayanya cukup mahal.

*Base dan Rute* Sebagai base (menurut saya) yang paling ideal adalah Luzern karena lokasinya ditengah dan ada beberapa backpacker hostel diantaranya: www.twinsminbak.com
Namun demikian, bila anda bepergian berdua atau lebih, pertimbangkan mencari hotel karena biayanya bisa lebih murah, apalagi kalau bisa ambil kamar triple atau quadruple.

 

* *Hari 1*: Asumsinya anda sudah bermalam di Luzern sehingga pagi-pagi sudah bisa ke Mt. Pilatus. Kembali dari Mt. Pilatus sekitar pukul 14.00 bisa dilanjutkan dengan menikmati kota Luzern. Anda bermalam lagi di kota Luzern. Bisa juga anda langsung ke Engelberg dan bermalam di sana, tinggal dibandingkan mana yang lebih murah tempat penginapannya.

 * *Hari 2*: Gunakan kereta pukul 06.00 untuk menuju Engelberg yang ditempuh dalam waktu 50 menit. Jadwal keretanya setiap jam, baik dari Luzern maupun dari Engelberg. Setiba di kota Engelberg, anda bisa jalan-jalan sebentar di kota tersebut, kotanya kecil tetapi pemandangannya bagus karena dikelilingi gunung bersalju. Terminal Gondola untuk naik ke Mt. Titlis hanya 5 menit dari setasiun kereta api, kalau keluar dari pintu utama setasiun, di depannya ada Hotel Belevue Terminus, arah ke Terminal Gondola ke kanan ikuti jalan aspalnya, lalu ada jembatan belok ke kiri dan ikuti jalan arah ke kanan. Dari situ sudah terlihat Terminalnya;

Jam 12.00 sudah bisa turun dari Mt. Titlis dan tiba di setasiun kereta api Engelberg. Lanjutkan perjalanan dengan kereta api ke Interlaken, berhenti di setasiun Interlaken Ost. Anda harus ganti kereta di Luzern sehingga luggage bisa dititip di setasiun Luzern atau Engelberg tergantung dari jadwal keretanya. Anda akan bermalam di Interlaken;

* *Hari 3*: Usahakan berangkat ke Jungfraujoch dengan kereta pertama agar bisa puas menikmati puncak Jungfraujoch. Tahun lalu saya terlalu siang ke sana sehingga tidak bisa lagi bermain di salju, hanya bisa menyaksikan di platform yang disediakan saja.

Perjalanan kereta api dari Interlaken akan menuju ke Lauterbrunnen. Di sini akan berganti kereta menuju ke setasiun berikutnya yaitu Kleine Scheidegg. Berikutnya ganti kereta lagi untuk menuju ke puncak Jungfraujoch.

Dalam perjalanan kembali dari Jungfraujoch, ketika tiba di Kleine Scheidegg anda bisa memilih melalui Lauterbrunnen (jalur yang sama) atau bisa melalui Grindelwald (sebaiknya ambil jalur ini). Anda tinggal memperhatikan tanda penunjuk ketika berganti kereta di Kleine Scheidegg. Tarif tiket dari Interlaken ke Jungfraujoch sudah berlaku p.p. dan lewat jalur Lauterbrunnen atau Grindelwald sama saja.

 

 *Kalau ingin dipadatkan menjadi 2 hari, menjadi:*

* *Hari 1*: Asumsi bermalam di Engelberg sehingga pagi-pagi sudah bisa berangkat naik ke Mt. Titlis. Usahakan sudah bisa tiba kembali di Engelberg sekitar pukul 11.00 sehingga bisa lanjut ke Luzern. Tiba di Luzern langsung menuju ke Terminal untuk Kriens untuk menuju ke Mt. Pilatus. Sore kembali ke Luzern dan bermalam di Luzern. Bila memungkinkan, sebaiknya langsung ke Interlaken. Periksa jadwal kereta api.

 * *Hari 2*: Bila bermalam di Luzern, naik kereta paling pagi menuju ke Interlaken. Lalu lanjut naik ke Jungfraujoch. Kembali ke Interlaken bisa bermalam di situ atau lanjut ke kota lain sesuaikan dengan jadwal kereta api yang ada.

Tiket kereta api untuk seluruh perjalanan di Switzerland maupun dari Switzerland ke negara lain, atau sebaliknya, dapat dibeli on-line melalui website www.sbb.ch

 

Website Jungfraujoch* : http://www.jungfrau.ch/en/tourism

Website Mt. Pilatus*: www.pilatus.ch/en

loading...

Website Mt. Titlis*: http://www.titlis.ch

 

Klik Info Jungfraujoch Swiss, Top of Europe

loading...

 

Tulisan Terkini:

About these ads
loading...

Leave a Reply